BALADO...oooh balado!

Sejujurnya saya bukan org yg tahan makan pedes. Harus yg mild spicy aja yg bisa diterima ama ni lidah. Jadi kalo nyambel... paling pake bbrp cabe gede ajah, dah naikin appetite.
Nah sebenarnya apa aja bisa dimasak balado. Mo dendeng balado yg kesohor itu... atau bahan makanan lain. Kebetulan di kulkas ada tongkol, buat lunch hari ini bikin tongkol masak balado. Ampir tiap minggu minimal ada 2x menu balado di meja makan. Mulai dari ikan2an di balado, telor rebus atau telor dadar juga dibalado...sampe tahu juga dibumbuin pake balado ini.
Image hosting by Photobucket
Bumbu balado ala keluarga kami;
Haluskan:
4-5 cabe merah besar, bersihkan bag dalamnya.
5 bawang merah
1 tomat sedang
---krn saya gak suka ngulek... jadi semua dimasukkin chopper (anaknya blender),
stelah halusss tumis dgn sedikit minyak, stelah wangi masukkan irisan tomat dari 1 tomat sedang, dan bbrp lembar daun jeruk plus garam & gula secukupnya. Biarkan matang dan wanggiii.
Jadi deh. Tinggal campur makanan yg mo dibumbuin, kalo ikan atau ayam ya udah dimasak dulu biasanya saya goreng dulu, atau tahu goreng. Bisa juga telor rebus (jgn lupa dikupas dulu!), atau telor dadar yg dah diiris-iris. Mumpung baladonya masih panas, campur dan bolak-balik tuh bahan rata dan bumbu menyerap. Hidangkan anget2.

Comments

admin said…
wah enak banget bro, gw posting aja di tempat gw, thanks