Bubur CANDIL

Ini salah satu makanan nostalgia zaman kita masih muda (baca:pacaran) di Bandung. Kalo lagi bulan puasa, menjelang waktu berbuka kita ikutan beli makanan pembuka-dan yg jadi favorit kita bedua adalah bubur candi yg dijual di emperan pasar Balubur~gak jauh dari kampus. Di sana jualannya komplit, bubur2an dan kolak. Bisa ordernya dicampur2, bubur candil pake ketan item dan kolak pisang. Wahhh rame bgt rasanya. Nah dalam rangka valentine, dibikinlah bubur candil ini, mmh falling in love again gara2 bubur candil!
Source: Primarasa 'Kue Tradisional Nusantara'.
Image hosting by Photobucket
200 gr tepung ketan
1 sdt air kapur sirih (sy gak pake krn gak punya)
175 ml + 750 ml air
200 gr gula merah, potong2
2 lembar daun pandan
6 sdm tepung beras, larukan dalam sedikit air
250 ml kuah santan (*)

1. Uleni tepung ketan, air kapur sirih dan 175 ml air sampai adonan tidak lengket di tangan dan bisa dipulung. Lalu bentuk bulat sebesar kelereng.
2. Jerangkan 750 ml air di atas api, masukkan gula merah dan daun pandan. Lalu masak sampai gula larut. Saring dan buang ampasnya lalu jerang lagi di atas api.
3. Masukkan bulatan2 ke dalamnya dan masak sampai terapung, tanda sudah mateng.
4. Masukkan larutan tepung beras, aduk hingga kental, angkat.
Sajikan dengan kuah santan.
(*) Kuah Santan : Rebus 250 ml santan (dari 1/2 butir kelapa~sy pake 50 ml santan kara+200 ml air), bbrp lembar daun pandan (dirobek2) hingga mendidih. Kentalkan dgn menambahkan 1 sdt maizena yg telah dilarutkan dlm sedikit air.

Comments

an said…
Waaa..bubur kegemaranku jaman masih di salatiga....makasih mbak van, bisa bikin nih di rumah...
Vania said…
waaah sama yah...ayoo dibikin, ntar falling in love juga. hi..hi..
arsha ansha said…
jadi meski ga pake air kapur sirih ga ngaruh ke rasa nya mbak? trms
Vania said…
Archa,
tanpa kapur sirih, tidak pengaruh ke rasa. Sedikit pengaruh ke kekenyalan adonan. Cuma buat saya, gak masalah sama sekali.