Kue CREAM CHEESE

Akh... gw ngetik sambil ngunyah kue ini,... mmmh,... rasanya melayang2.
Sbenarnya gw gak tau nama apa yg pas u/ kue ini. Ini resep turunan dari nyokapku. Sejak dakuw masih kecil suka dibikinin kue ini, dan kita namain 'KUE CREAM CHEESE'.
Buat gw ukurannya pas bgt u/ sekeluarga. Dan cukup reasonable deh u/ dibikin... terutama dari segi harga bahan. Kenapa? krn cuma pake 250 gr cream cheese (buat gw cream cheese itu cukup mahal). Sementara rata2 cheese cake pake 3-4x lipat nya. Terdiri dari 3 layers dgn rasa & texture yg beda; paling bawah crunchy marie biscuit, trus tengahnya creamy cream cheese & paling atas spongy putih telur ...oh melayang2 ke masa lalu.
Image hosting by Photobucket
Campur hingga rata 1-1/2 cup crushed marie biscuit (regal), 4 tbsp salted butter, 2 tbsp sugar. Tuang ke loyang pie (8 or 9 inch round), padatkan dgn cara ditekan2. (boleh pake tangan, boleh juga pake belakang sendok). Sisihkan.

Kocok (dgn mixer berkecepatan sedang) 250 gram cream cheese* dgn 1/2 cup sugar hingga lembut (~creamy), kemudian tambahkan 4 eggs yolk (masukkan satu persatu). Biarkan hingga tercampur rata. Kemudian masukkan lime juice (from 1 lime) dan 1 tsp vanilli. Terakhir masukkan 1 cup milk. Aduk hingga adonan tercampur rata. ~adonan akan berwujud cair.
Tuangkan di atas lapisan campuran marie biscuit. Panggang dalam oven 180C selama 35-40 menit ~hingga bagian atasnya sedikit kecoklatan.

Kira 25 menit setelah loyang pie dimasukkan oven, kocok white eggs (dari 4 telur) plus 1 tsp sugar higga kaku. Tuang/ratakan di atas campuran cream cheese segera setelah loyang dikeluarkan dari oven. Stelah itu masukkan kembali ke dalam oven 160C selama 10-15 menit ~hingga bagian atas putih telur kecoklatan.
Biarkan dingin, sebelum disantap. Lebih enak lagi kalo sempet didinginin di kulkas.

*gue prefer merk philadelphia, tapi kemaren gw rivena/revina (?)~krn philadelphia mahal bgt di sini! :((

Comments

Anonymous said…
Halo, kenalan dulu ya... ;-)
Aku lagi nyari2 resep cheese cake buat kue ulang tahun. Resep ini kira2 cocok ga ya?
Tq... :D
Vania said…
Hi Lesca,
kayagnya kue ini kurang cocok u/ bday cake. Coba cari resep cheese cake yg agak tebelan, biasanya pake cream cheese cukup byk (bisa sampe 1 kg).
Buku '35 variasi resep2 cheesecake' dari Yasaboga mungkin bisa buat nyari ide.
Anonymous said…
Halo Vania !

aku iseng blogwalking eh ketemu web ini dan cream cheese pic-nya bikin ngiler banget!! :)

jadi pengen nyoba...

sebagai bakers amatir,.. numpang tanya .. apa boleh salted butter diganti dengan margarine blue band?
Unknown said…
Mbak aku uda bikin resep ini, rasanya enakkkkk bangettt. Yg Putih telur Ku kok ga bisa kaya kamu punya ya say, bisa Ada puncak2nya, apa ada cara taruhnya biar runcing2 gitu? Aku punya jadinya datar aja. Mau kaya kamu jadi cantik bentuknya gimana ya?