Es DOGER

Dulu kala, wkt masih di Bandung, sy pernah baca suatu artikel ttg jajanan khas Jkt. Salah satunya ya Es Doger. Penasaran bgt kayag apa sih Es Doger itu. Akhirnya stelah lulus kuliah dan kerja di Jkt, mulailah sy nyari yg namanya Es Doger. Ternyata... enaaak dan ternyata bokap-nyokap-kaka-ade hingga suamiku ikut tertular doyan Es Doger. Sekarang yg jadi favorit kita Es Doger di Pasar Majestic atau di GKI Pondok Indah.
Bbrp hari ini sy kangen ama Es Doger, bayangkan udah 6 bulan (sejak pindah ke Bppn) gak nyicipin. Mau gak mau kudu bikin sendiri. Berbekal resep dari Dapur Bunda... jadilah weekend ini kita bisa menikmati kelezatan Es Doger.
Image hosting by Photobucket
750 gram es batu diserut
200 gram kelapa muda, serut kasar
susu kental manis
200 gram tape singkong, potong kotak
100 gram ketan hitam rebus *
50 gram pacar cina rebus

BAHAN SIRUP:
400 ml santan kental
200 ml sirup roozen**
100 ml air

Rebus bahan sirup sampai mendidih lalu dinginkan. Masukkan serutan es dan kelapa muda. Aduk rata. Simpan dalam Freezer.
Sajikan es doger dengan irisan tape, 1 sendok makan ketan hitam, 2 sendok teh pacar cina, dan susu kental manis.
Untuk 4 porsi
Image hosting by Photobucket
* Ketan hitam ini sy ganti dgn TAPE KETAN HITAM.
** Sirupnya, sy pake sirup COCO PANDAN~warna merah.
Sebenarnya feel free aja u/ bikin es doger ini. Kalo suka isinya lebih byk, tambahin sesuai selera. Gak punya byk wkt... beli aja tape ketan hitam, tape singkong juga pacar cina yg dah jadi...kita tinggal nyampur2 aja, plus bikin sirupnya. Gak punya serutan es, blender aja sirup ama es batu secukupnya. Just make it simple and enjoy it!

Comments

infogue said…
Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/es_doger