Kroket Kentang

Kroket atau Croquette adalah satu satu snack populer di Indonesia yg diperkenalkan pada zaman penjajahan Belanda dulu. Bahkan banyak orang yg menganggap ini adalah salah satu penganan khas Indonesia. Boleh-boleh aja lah...
Gak susah nemuin resep kroket di internet, search kata kunci 'kroket' dijamin dalam sekejap ada puluhan resep yang bakal muncul. Variasi kroket saat ini pun makin beragam, mulai dari yang klasik, sampe yg isi ragut, ikan, keju, dan kayagnya masyarakat kita udah makin kreatif untuk mencari ide baru di dunia kuliner.
Saya sendiri mencari-cari resep yg 'standar', yg paling klasik untuk dicoba. Kemudian saya tambahin sedikit keju di isinya dan untuk 'coating'nya saya pake 2 jenis tepung roti. Tepung roti biasa untuk lapisan pertama dan tepung 'panko' untuk lapisan ke dua (biar lebih garing 'kriuk-kriuk').
Karena beberapa bahan di resep ini memakai takaran 'secukupnya' untuk garam, merica dan pala, saran saya ...sering2 dicicip saja. Jadi sejak awal ketahuan apakah kurang rasa atau sudah cukup.

KroketKentang

source: Masakan Populer Indonesia disusun oleh Hiang M, Roos S, Hayatinufus Tobing.
Isi:
2 sdm margarin
4 butir bawang merah cincang
1 siung bawang putih, cincang
200 gr daging sapi cincang
garam secukupnya
merica secukupnya
pala (bubuk) secukupnya
100 ml air
1 wortel, potong dadu ukuran 1/2 cm
2 batang seledri, iris halus
1 sdm tepung terigu, aduk dengan 3 sdm air
100 gr tepung roti
1 butir telur, kocok dengan 1 sdm air
minyak goreng secukupnya.

Pure Kentang
500 gr kentang yang tua
2 sdm susu bubuk
1/4 sdt pala
1/2 sdt garam

Isi: Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang tambakna garam, merica, pala. Tuang air dan masak sampai daging lunak. Masukkan wortel, masak hingga matang kemudian masukkan seledri dan campuran air dan tepung. Aduk hingga adonan mengental kemudian angkat dan sisihkan.

Pure Kentang: Kukus kentang hingga matang, kemudian kupas kulitnya. Haluskan kentang, masukkan susu bubuk, pala dan garam, kemudian aduk hingga rata.

Ambil adonan kentang kira-kira sebesar telur ayam*, pipihkan dan taruh 2 sdt adonan daging di tengahnya. Tutup dengan kentang dan bentuk bulat lonjong**.
Gulingkan kroket dalam tepung roti. Setelah itu masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok. Terakhir gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti***.
Siapkan wajan berisi minyak goreng. Agar kroket tidak pecah, minyak harus banyak hingga kroket terendam. Gorenglah beberapa kroket sekaligus, jangan terlalu banyak, di dalam minyak panas sampai warnanya kuning kecoklatan.

KroketKentang

KroketKentang KroketKentang KroketKentang

* saya prefer sebesar bola golf :) ...serius lho! ukuran ini paling pas deh.
1 resep jadi 15 kroket.
** saat memipihkan adonan, mengisi dan membulatkan kembali, lalukan sambil dipadatkan.
***lapisan ke dua ini saya pake tepung panko. Setelah kroket digulingkan di atas tepung, sedikit ditekan2 pakai tangan agar lapisan tepung tsb menempel dengan baik.
~Note: Ternyata isi kroket sesuai resep yg saya siapkan bersisa (kebanyakan). Saya tuang ke campuran telur dadar untuk anak2, jadi telur dadar berisi daging & wortel :).

Comments

Anonymous said…
love the 2nd picture from the top...
awesome!
A.G said…
naksir sarinya... eh itu sari apa taplak meja ya mbak kok mirip hehe.. soale warna paporitku adalah biruuuu....

aku kl bikin kroket kentangnya tak goreng mbak, takut pecah kl tak rebus :( syukur smp skg kl bikin ndak ada yg pecah :D but nice work aniwe
Anonymous said…
Thanks Van, sudah posting resepnya.
Anak gue dah nagih minta dibuatin setelah lihat foto2nya. Salam.
Riana Ambarsari said…
Aaah, love the tablecloth..!
A. Ann said…
Hoaaaaaaa aku slalu syuka dgn kain2 khas India, cakep2 bangettt...fotonya keren Mba..

Walo dirimu tidak merayakan, di Lebaran ini aku Mohon Maaf Lahir dan Batin..utk semua kesalahan selama ini..:-)

Salam dari Jkt.
Anonymous said…
salam kenal mbak.. foto2nya bikin ngiler euy... kalo bole tau, pake camera apa ya?
Anonymous said…
minta resepnya ya bu'.....met kenal ;)