Eksotika Hidangan Thailand.

'Gan Gin Gan Yuu' adalah frasa atau ungkapan yang cukup populer di Thailand, yang dapat saya terjemahkan sebagai 'kamu adalah apa yang kamu makan'. (English : as you eat, so you are).
Ungkapan ini sangat menggambarkan pandangan masyarakat setempat tentang makanan; baik dari penggunaan bahan makanan yang alami (fresh ingredients), penggunaan metoda memasak yang tergolong 'sehat', hingga pemakaian bumbu dan presentasi makanan yang begitu diperhatikan. Alhasil, masakan Thailand memiliki keunikan rasa dan ciri khas tersendiri.

Kuliner Thailand menggabungkan rasa 'pedas-manis' dan 'asam-asin' pada berbagai hidangannya dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, sekalipun bahan-bahan yang digunakan sama, misalnya bawang putih, cabe, serei, minyak ikan, gula aren ataupun jeruk nipis.
Beberapa tahun terakhir kuliner Thailand terlihat semakin mendunia bahkan hingga ke negara-negara Barat. Di Indonesia pun hadirnya banyak restoran yang menyajikan masakan Thailand mendapat sambutan hangat masyarakat. Kebijakan pemerintah Thailand yang mendukung dibukanya restoran Thailand di seluruh dunia memberi dampak positif, masakan Thailand semakin mendunia, dan kita pun berkesempatan mencicipi aneka hidangan eksotik ala Thailand.

Nah, saya pun sempat beberapa kali membuat masakan Thailand di rumah.
Sulit? Sama sekali tidak.
Rata-rata bahan yang digunakan dapat dengan mudah ditemui di supermarket atau pasar tradisional di Jakarta. Kalaupun ada bumbu khas tertentu, kita dengan mudah menyusuri lorong supermarket yang menjual bumbu masakan negara lain. Indahnya kemudahan ini ya.
Metoda memasak yang digunakan pun hampir sama dengan yang kita gunakan sehari-hari.
Resep masakan ini sudah pernah saya share, silahkan lihat di postingan ini :
6 Masakan Thailand yang Dapat Dimasak di Rumah.

Tom Yam Soup. 
Sup yang paling populer dari Thailand. Sup dengan kuah asam pedas ini biasanya disajikan dengan aneka seafood. Pemilihan bahan-bahan segar menjadi keharusan untuk menghasilkan sup yang benar-benar segar dan lezat.

Di samping udang dan ikan dori, saya juga menggunakan 2 jenis jamur untuk melengkapi sajian Tom Yam ini. Segarnya serei, asamnya daun jeruk dan pedasnya cabe merah bercampur dengan harmonis dalam mangkok Tom Yum Soup.

Phad Thai (Seafood Noodles)
Phad Thai adalah sejenis mie goreng ala Thailand. Dengan menggunakan mie yang lebar dipadu dengan aneka seafood dan tauge, hidangan ini pun cukup populer baik di negaranya maupun ketika hadir di berbagai restoran belahan bumi lain.

Membuatnya pun tidak sulit, hanya saja proses pemasakan yang serba cepat harus menjadi perhatian. Sebaiknya semua bahan sudah siap 'dicemplung' sebelum proses pemasakan dilakukan dan semua diletakkan di sekitar kompor. Tentu paling lezat disajikan ketika baru diangkat dari panci, jadi jangan biarkan dingin. Taburan cabe bubuk, cacahan kacang dan gula pasir menjadi pelengkap yang pas.

Pomelo Salad.
Salad dengan bahan dasar jeruk bali yang disajikan pedas dengan rasa yang sangat eksotik ini pun tidak sulit membuatnya. Rata-rata bahan yang diperlukan tersedia di supermarket. Yang cukup penting, jangan lupa mengucurkan jeruk nipis di atas sajian, sesaat sebelum dinikmati. Di situlah kunci kelezatannya.

Jangan merasa sungkan untuk menambahkan parutan kelapa dan kacang pada salad untuk memperkaya tekstur salad ini. Dijamin salad ini bisa menjadi favorit keluarga.

Thai Fish Cake
Dikenal juga dengan sebutan Tod Man Pla, atau kalo di Indonesia kita menerjemahkannya sebagai perkedel ikan. Perkedel ikan ini dibuat dengan bahan utama ikan yang digiling/dihancurkan dan dicampurkan dengan pasta kari yang berwarna merah, potongan kacang panjang dan cacahan daun jeruk.
Kebayang kan gimana eksotik rasa yang dihasilkan?

Perkedel ikan ini sangat cocok disajikan bersama sayuran hijau ataupun salad. Jangan lupa, sajian Sambal Asam Manis akan memperkaya rasa yang ada.

Thai Coconut Sticky Rice and Mango
Ini adalah hidangan pencuci mulut yang sangat populer di Thailand. Kombinasi ketan putih kukus yang disajikan dengan potongan mangga dan taburan wijen. Bagi sebagian orang, mungkin merasa aneh melihat kombinasi ini, tapi percayalah ...hidangan ini selain mudah dibuat juga sangat lezat.
Alternatif lain penyajiannya adalah dengan mengguyur hidangan ini dengan saus santan. Sama-sama lezat.

Nah, ternyata membuat hidangan Thailand di rumah tidak terlalu sulit.
Di dapur Thailand, masakan disiapkan dengan seksama, hati-hati dan penuh cinta. Ukuran bahan yang digunakan selalu seimbang, tidak berlebihan ataupun kekurangan. Masakan pun dihias sedemikian rupa agar menggugah selera. Maka itu sering kali kita menemukan penyajian masakan Thailand yang ukiran buah dan sayur yang menakjubkan.
Pengennya sih berkesempatan mengeksplore aneka kuliner Thailand langsung di negara asalnya. 
Wish me luck!

Comments

Bai Ruindra said…
Makanan Thailand memang mengoda ya, tetapi ya harus selektif banget untuk yang muslim :)