Tiga Sajian Lezat dengan Gizi Seimbang So Good.

Pernahkah melihat atau bahkan mungkin pernah menikmati sepiring nasi yang disajikan dengan mie goreng sebagai lauknya? Sebuah contoh sajian yang rasanya cukup lazim kita temui bahkan kita tidak merasa aneh dengan kombinasi tersebut.
Double carbo! Dua jenis bahan makanan yang seharusnya menjadi porsi karbohidrat malah kemudian disajikan berpasangan, sekalipun terkadang terdapat sejumput sayur dan lauk (ayam ataupun bakso) terselip di antara mie goreng yang tidak akan banyak memberi makna.

Atau sajian western food, grilled chicken yang disajikan dengan mashed potato, dinner rolls, serta potonganan jagung. Tanpa kita sadari, 3 jenis karbohidrat tersaji dalam satu piring makan malam.
Nah seperti inilah contoh sajian yang tidak memenuhi kaidah 'Menu Piring Gizi Seimbang'.

Dengungan slogan Empat Sehat Lima Sempurna mungkin sudah sangat melekat di benak kita. Apakah masih relevan? Yang kemudian perlu kita sadari adalah bahwa masing-masing bagian tersebut hendaklah disajikan dengan takaran yang seimbang, bukan sepiring hidangan yang berisi bagian makanan pokok (karbohidrat), lauk, sayuran serta buah dengan porsi yang sama.

Sebenarnya komposisi makanan seperti apa yang mengandung gizi seimbang? 
Dari ilustrasi di atas, dapat kita terlihat bahwa setiap bagiannya, memiliki proporsinya masing-masing. Karbohidrat dan sayuran masing-masing mengisi 35% bagian dari piring makan kita. Sementara protein dan buah masing-masing mendapat 15% bagian pada piring makan tersebut. 

Dengan komposisi berimbang tersebut, dijamin tubuh kita akan mendapat asupan nutrisi yang lengkap. Kehilangan satu atau dua bagian dari porsi yang seharusnya menjadi hak tubuh kita, maka tentu kerugian ditanggung tubuh kita. Setiap bagiannya memiliki manfaat yang berbeda-beda dan saling melengkapi. 
Beberapa orang seringkali menghilangkan karbohidrat dari piring makannya, akibatnya tubuh tidak mendapat sumber energi yang tentu akan mengganggu aktifitas. Tubuh menjadi lemas tak bertenaga.

Demikian juga halnya dengan protein, yang berfungsi memproduksi hormon, enzim dan berbagai jenis zat kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein juga memiliki peran yang sangat penting untuk pembentukan otot, tulang, kulit dan darah. Kebayang kan kalau dengan sengaja ataupun tidak kita lalai memberi asupan protein pada tubuh kita.
Sayuran pun jangan sampai menjadi bagian yang dianggap remeh. Manfaatnya sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral memegang peranan penting bagi tubuh kita. Sayur dapat meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh.
Buah pun harus selalu menjadi bagian dari menu piring gizi seimbang kita. Kandungan vitaminnya yang tinggi dan sumber antioksidan tentu akan menjadi bagian penting tubuh.

Apakah sulit menyiapkan Piring Gizi Seimbang untuk makanan sehari-hari kita?
Menurut saya tidak sulit sama sekali. Yang pasti, setelah tahu kebutuhan serta manfaat dari masing-masing bagian yang harus terpenuhi dalam sajian makanan kita, maka secara otomatis kita akan berusaha memenuhinya.
Sajian yang kita pilih untuk menjadi asupan bagi tubuh kita, haruslah dirasakan sebagai sebuah pembawa kebaikan. 
Pemikiran itu membuat saya sebagai seorang ibu yang setiap harinya menyiapkan makanan keluarga tetap berada dalam jalur yang semestinya. Menyajikan 'Menu Piring Gizi Seimbang' setiap harinya.
Tanah air kita yang subur ini memiliki berlimpah bahan pangan sepanjang tahunnya. Sekarang keputusan di tangan kita, maukah kita menyampatkan diri menyiapkan makanan dengan gizi seimbang untuk keluarga kita.

Berikut tips saya untuk menyiapkan sajian keluarga agar tidak membosankan;
1. Rencanakan 'Menu Piring Gizi Seimbang' yang akan disiapkan.
2. Pilihlah jenis karbohidrat yang bervariasi, nasi, roti, pasta, kentang ataupun lainnya.
3. Pilihlah jenis sayuran dan buah yang sedang musim-nya, sehingga harganya bersahabat dan kualitasnya prima.
4. Pilihlah protein dengan kualitas dan nilai gizi yang baik.
5. Variasikan warna dan teksture makanan, sehingga keluarga kita kaya akan variasi makanan.

Seperti inilah beberapa sajian yang saya siapkan untuk Menu Piring Gizi Seimbang So Good untuk keluarga saya.

Sajian pertama :
Chicken Stroganoff.
Menu Piring Gizi Seimbang So Good ini saya buat dengan menggunakan pasta (fusilli) sebagai sumber karbohidrat, chicken karage sebagai sumber protein, aneka sayuran (paprika, jamur, tomat) yang disatukan dalam saus stroganoff yang lezat ditambah beberapa lembar daun selada, serta dilengkapi dengan potongan buah jeruk dan kiwi.

Berkenalan dengan Stroganoff.
Sebagian orang mungkin belum terlalu familiar dengan menu Beef/Chicken Stroganoff.
Stroganoff adalah masakan khas Rusia yang telah mendunia, maka tidak mengherankan, kepopulerannya yang melampau batas geografis dan kuliner, melahirkan Stroganoff dengan beragam adaptasi lokal bahkan ada yang menggunakan udang ataupun soy sauce. Sesuatu yang sebenarnya sangat jauh dari versi awal Stroganoff yang tertulis dalam resep original pada tahun 1871 pada buku resep A Gift of Young Housewives yang menuliskan bahwa Stroganoff adalah tumisan potongan daging (berbentuk kotak) yang dilapisi tepung, dimasak dengan saus yang terbuat dari mustard, kaldu dan sedikit krim asam (sour cream). Jadi tidak ada tomat, jamur maupun bawang. Sekarang ini Chicken Stroganoff menjadi menu yang cukup populer di dunia kuliner.
Chicken Stroganoff ini merupakan one-dish-meal lengkap dengan sayuran juga pasta sebagai sumber karbohidrat. 
Untuk ayam, saya rasa tidak perlu berepot-repot dengan urusan membersihkan ayam mentah dan melumuri dengan bumbu dan tepung, karena saya memilih memakai Ayam Karage dari So Good. Tekstur dan rasa yang saya dapatkan sangat sesuai dengan yang saya harapkan.
Jadi selain menggoreng Ayam Karage So Good sesuai petunjuk di kemasan saya tinggal menyiapkan saus Stroganoff dan merebus pasta. Praktis sekali kan.

Chicken Stroganoff
Untuk 4 porsi.
Bahan :
1 pack Ayam Karage So Good beku
2 sdm unsalted butter
1 bawang bombay, cincang kasar
1 buah paprika hijau, potong kotak
150 gram jamur champignon, iris tipis
100 gram tomat cherry, iris memanjang 2-4 potong
300 ml kaldu ayam
2 sdm tomat pasta
2 sdm terigu
50ml sour cream atau yogurt tawar
1 sdt garam
1/2 sdt merica.
225 gram Pasta Fusilli

Taburan :
Peterseli cincang
Keju Cheddar parut

Cara Membuat :
1. Rebus pasta fusilli hingga al dente atau sesuai petunjuk kemasan, tiriskan. Sisihkan.
2. Goreng Ayam Karage hingga matang, lihat petunjuk pada kemasan. Tiriskan. Iris 2-3 bagian tiap potongnya.
3. Panaskan butter di atas api sedang dalam panci yang cukup besar, tambahkan cacahan bawang bombay dan biarkan hingga matang (mulai transparan).
4. Tambahkan potongan jamur campignon dan potongan paprika, sesekali aduk hingga cukup matang merata.
5. Tambahkan kaldu ayam, tomat, tomat pasta, serta yogurt, aduk rata dan biarkan hingga mendidih.
6. Tuangkan terigu yang telah diencerkan dengan sedikit air, aduk rata dan saus mulai mengental. Aduk sesekali, dan biarkan mendidih selama 1-2 menit. Matikan api.
7. Penyajian : siapkan 4 piring saji, letakkan pasta yang telah direbus di atasnya. Atur Ayam Karage yang telah diiris di atasnya, kemudian tuangkan saus Stroganoff. Taburi dengan peterseli cincang dan keju parut di atasnya. Sajikan.

Sajian kedua :
Spicy Chicken Wings disajikan dengan Kentang Panggang.
Hidangan kedua ini relatif mudah membuatnya. 
Spicy Chicken Wings dari SoGood ini sudah cukup berbumbu lezat dan bumbunya sudah cukup meresap hingga saya tidak perlu secara khusus menyiapkan bumbu lagi. Chicken Wings ini saya olesi minyak zaitun kemudian saya panggang di oven selama 12 menit setiap sisinya. Hasilnya crispy, tidak berminyak dan bumbunya tetap menempel sempurna. 
Kentang Baby saya pilih sebagai sumber karbohidrat. 
Kentang saya kukus selama 20 menit kemudian ditaburi garam dan merica serta diolesi minyak zaitun sebelum saya panggangan. 
Brokoli dan wortel kukus menjadi pilihan sayuran untuk sajian kedua ini.
Buah strawberry dan kiwi menjadi pelengkap sajian ini.
Saus putih untuk pelengkap kentang terbuat dari campuran yogurt tawar dan mayonnaise dengan komposisi yang sama jumlahnya, kemudian dicampur dengan cacahan daun parsley. 
Saus gurih dan lezat ini menambah tektur pada sajian kedua saya. 


Sajian ketiga :
Ayam Bakar Kuning disajikan dengan Nasi Putih & Sayur Bening.
Sajian dengan nasi memang tidak bisa lepas dari menu harian keluarga Indonesia. 
Nah untuk hidangan ketiga ini, saya mencoba produk terbaru dari So Good. Paha & Dada Bumbu Kuning sebagai sumber protein pada sajian ketiga ini.
Ayam yang sudah tidak dalam kondisi beku, saya olesi bumbu dan langsung dipanggang. Karena rasa yang sudah cukup mantap saya hanya membuat bumbu olesan, yang kemudian dioles saat pemanggangan. 
Nasi sebagai sumber karbohidrat, sayur bening bayam dan potongan buah nanas dan buah naga menjadi pelengkapnya.
Hidangan yang kaya warna dan tekstur ini cukup mudah membuatnya. Terutama karena saya memakai ayam bumbu kuning dari So Good yang rasanya sangat 'Indonesia' dan karenanya sangat pas menjadi lauk untuk nasi hangat. Racikan bumbu dan rempah dengan komposisi yang pas sudah sekaligus memarinasi ayam menjadikan rasa ayam sangat lezat.
Resep olesan bumbu kuning untuk ayam panggang :
Haluskan:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 butir kemiri
2 cm lengkuas
1 sdm ketumbar sangrai
2 cm kunyit
1-2 sdt garam
1 sdt gula pasir
3 sdm minyak goreng

Haluskan semua bahan dan bumbu siap digunakan.
----------------------------------------
Ketiga resep menu piring gizi seimbang di atas, semuanya menggunakan produk So Good sebagai sumber protein. Sejak setahun lalu saya mencoba beberapa varian produk So Good, dan sejauh ini keluarga kami menikmati kemudahan serta kelezatan yang tersaji dari produk-produk So Good.
Saya yakin akan kualitas produknya yang sangat baik.
Terima kasih So Good buat inovasi yang dihadirkan, menjadikan kegiatan masak saya lebih mudah.

Comments

deddyhuang.com said…
Mupeng abis kalo udah turun tangan bikin resep dan fotonya
Vania said…
Hi Koh... Haha ini kerjaanku sehari2, nge-dapur๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
Kog Deddy jg hebatlah kalo dah depan kompor๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ˜€
Naputrih said…
Halo mbak, saya sejak dahulu sider di blog ini. Kalau tidak salah, saya menemukan blog ini karena penasaran dengan apa itu food styling dan suka sama blog mbak. Baca postingan di sini membuat saya ingin mewujudkan mimpi saya waktu SMA, ingin mempunyai blog khusus membahas tentang makanan.

Oh iya mbak, jujur saya sedih lihat mbak gak menang di lomba ini. Apalagi saat saya melihat juara 1 lomba ini kalau dibandingkan dengan isi blog mbak. Ah sudahlah ya, itu keputusan juri dan iuta tidak bisa menganggu gugat. Tetap semangat ya mbak dan saya jujur suka banget sama cerita pasar tradisionalnya. Karena memang sensasi masuk pasar tuh beda banget kalau belanja di pasar modern :')

Aduh maaf panjang banget plus gak nyambung ya mbak komennya. Intinya tetap semangat menulis dan berbagi ya mbak