Soto Banjar

Ini adalah kali pertama saya masak Soto Banjar, sekaligus kali pertama ikutan event 'Masak Bareng Yuk' yg dipromotori Ayin, Deetha dan Shinta. Seru banget ibu2 ini, mereka tinggal di negara yg berbeda, Ayin di Norway, Deetha di Indonesia tepatnya di Semarang, sedang Shinta di Jepang. Yang mo ikutan,...yoook masak bareng! Tema bulan ini Soto Banjar.
Sebenarnya saya pernah nyicipin soto ini, kira2 awal tahun 2000, tapi bener2 udah gak inget gimana rasanya. Setelah ngubek2 resep (ada 3 resep Soto Banjar yg saya dapat dari tumpukan 'koleksi' buku resep dan folder berisi potongan2 resep) akhirnya 1 resep pilihan adalah dari 'potongan' majalah femina zaman dulu.
Yang unik dari bahan soto ini adalah digunakannya beberapa jenis rempah2, pala, cengkeh, kayu manis dan kapulaga (cardamom). Hasilnya sotonya jadi wangi rempah. Bener2 unik deh. Proses pemasakannya gak terlalu rumit, malah Majalah Femina mengkategorikan resep ini 'Mudah Sekali'. hah! Beneran gak sulit kog, cuma perlu waktu yg cukup u/ nyiapin bumbu dan seluruh 'perlengkapan' soto ini. Tipical soto ala Indonesia, pake perkedel, suun (terpaksa saya ganti bihun krn gak ada suun di sini), irisan telur rebus dan sambel, juga taburan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Di rumah kita, belum lengkap tanpa kerupuk!

"Soto Banjar ini mungkin sedikit berbeda dari soto pada umumnya. Dari warnanya saja sedikit lebih bening dengan sedikit semburat warna kuning. Hmm.. mungkin hal tersebut disebabkan karena soto ini tidak memakai kunyit melainkan kayu manis". detik food
Saat lagi masak kuah, saya pikir soto saya gak 'sukses', krn kuahnya rada gelap dari warna rempah2 itu. Ternyata setelah masukin sedikit susu cair... tereeeng jadi deh kuah soto yg lebih bening itu dan gurih. Soto ini saya siapkan untuk makan malam 2 hari yang lalu. Semua menikmati, komentar suami saya, "Serasa makan soto di warung".

Soto Banjar

Soto Banjar khas Kalimantan
sumber : Majalah Femina, Indonesia.
**Kaldu:
3 sdm minyak untuk menumis
3 butir kapulaga, memarkan *saya pake 1 sdt bubuk kapulaga
1/2 butir pala
5 butir cengkeh
3 cm kayu manis
1 sdt merica bubuk
2 liter air
600 g (1 ekor ayam kampung) *sy pake ayam 'biasa'
1 butir kaldu padat bentuk dadu, siap pakai, remas-remas
50 ml susu cair
Bumbu, haluskan:
150 gr bawang merah
30 gr bawang putih
2 sdt garam
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, kapulaga, pala, cengkeh, kayu manis dan merica bubuk, hingga harum dan matang. Angkat.
2. Didihkan air, masukkan bumbu tumis dan ayam, aduk rata. Masak hingga ayam matang dan lunak. Tiriskan ayam dan suwir-suwir dagingnya, sisihkan. Masukkan sisa tulang ke dalam kaldu mendidih, aduk rata. Didihkan kaldu sekali lagi. Angkat.
3. Saring kaldu hingga 1250 ml, didihkan kembali. Masukkan kaldu padat remas dan susu cair, aduk rata dan didihkan sambil aduk-aduk agar susu tidak pecah. Angkat.
**Pelengkap:
Lontong/ketupat/ buras siap pakai, potong-potong
Perkedel kentang
150 gr suun, rendam air panas, tiriskan
4 butir telur ayam rebus, kuaps, iris tipis melintang
4 batang seledri, iris halus
4 batang daun bawang, iris halus
6 sdm bang merah goreng
6 sdm kecap manis
2 buah jeruk nipis, potong membujur, ambil airnya
**Penyajian:
Dalam mangkok saji, atur ayam suir dan bahan pelengkap.
Tuangi kaldu mendidih dan sajikan bersama sambal rawit.

Soto Banjar

Perkedel Kentang
~note: Saya buat 2x resep di bawah
200 gr kentang, kupas, potong, rendam air, tiriskan
Minyak untuk menggoreng
1 siung bawang putih, haluskan
1 sdm bawang goreng
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir (50 gr) telur ayam, kocok lepas.

Goreng kentang hingga matang. Angkat, tiriskan.
Haluskan selagi panas bersama bawang putih, bawang merah goreng, garam dan merica bubuk. Bentuk adonan perkedel menjadi bulat pipih dengan diameter 3 cm. Celupkan dalam telur kocok hingga rata seluruh sisinya. Goreng hingga matang dan berubah warna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
Tips:
-Pisahkan isidengan kaldu soto agar soto tidak mudah basi.
-Untuk perkedel, pilih kentang tes yg tua dan berwarna kuning. Rendam dulu kentang yg sudah dipotong dalam air dingin agar kentang tidak hitam.

Comments

A.G said…
wah mbak yg ini syeger tenan wong sampeyan udah sering makan sendiri di Kalimantan :)

sama kalo kita makan selalu harus ada krupuk.. kebiasaanku nurun di suami n anak-2ku huhuhu.... hidoep krupuk.!!!! cuma sayang krpuk udang sini ndak seenak krupuk udang Indo tapi sutralah yang penting ada kriuknya hehe..
Makasih ya mbak
Anonymous said…
Vaa..gue nyontek perkedelnya yaaa..:D, penampakan sotonya bener2 bikin laperrr :D
Siip mbak Vania... ikutan nyicip dan nyuruput kuahnya ya... :P
Eh itu ada kok ada kecap Ba***, pasti makin sedap deh... Makasih dah ikutan ya mbak... :)
Dita said…
Hahaha....Vania miss Femina :D.....gue kumpulin deh nih resepnya buat winter nanti, pasti yg dicari soto2an melulu.
Foni said…
i ngiler nih....fotomu rrrrrrrrrr
rapi bener mulung perkedelnhya bu.
Unknown said…
duh Van, lafar gw ngliat soto Banjar-nya. gw juga pencinta krupuk, sayangnya disini ga ada yg jual n persediaan dari Jakarta sut abis.
Vania said…
Ayin,
justru itu, aku 2 thn di Bppn kemaren gak pernah sekalipun makan soto ini :( ...malah nyobainnya 8 tahun yll, makanya dah lupa rasanya. Kayagnya soto ini lebih beken di daerah Banjarmasin.
Krupuk... yeah...hidup kerupuk!

Elsye,
resep perkedel ini 1 paket ama resep soto banjarnya. Tp aku suka bikin u/ lauk sehari2 (tanpa soto). Biasanya ta tambahin cornet beef atau daging cincang u/ anak2. Gampang bgt, anti gagal pula :D

Shinta,
you're welcome. Makasih udah jadi host event ini. Moga2 bulan2 ke depan bisa selalu ikutan.
Kecap itu, bawa dari Indonesia, wkt pindahan kemaren. Masih byk stok di dapur tuh. Hidup kecap B!

Dita,
Wahh Femina jadi beken lewat blog gw :D. Buat gw resep2 dari Femina itu adalah resep masakan Indonesia yg paling 'terpercaya'. Gw suka ngumpulin seri 'Primarasa'nya Femina. pssst, gw punya 'segepok' tuh buku2 kecil.
Di sini jg menjelang winter nih. Lucunya bukan dari summer ke winter, tapi dari monsoon ke winter. Tetep dingin cuma ntar gak pake ujan :D

Foni,
sebenarnya gw gak terlalu pede ama foto ini, soalnya ngambilnya malem2, pake 'artificial light'...
Kog kayagnya gak bernyawa gitu.
Perkedel sih kalo adonannya pas, pasti jadinya rapih dan mulus Fon.
Gw bikinnya sembari ngobrol ama anak2.

Mindy,
ayooo mari mampir, nyoto bareng.
Krupukku itu masih bawaan dari Indonesia. Di sini ada sih, tapi rasanya kurang mantaf.
Jagungmanis said…
makasiii ya mba... udah ikutan acara MasBar..
maaf neh br berkunjung..telat gr2 kamis kmrn mudik...hehe
btw,kpn2 aku cobain resepmu ah... kyknya lbh enaks tuh..hehe
QQ said…
Ah jadi ngiler banget ni Mbak liat soto Banjarnya. Mamahku kalo bikin ditambahin susu kental manis. Dulu jg bingung kok soto pake susu ternyata emang gitu cara bikinnya. Rasanya jd gurih banget. Jadi pengen pulang ke Banjarmasin :(...
Ayo mbak aku dikirim satu sotonya hehehehe...
Unknown said…
wah this my family fave FOOD!!!!

kuahnya dikasi telor kopyok gak mbak...biasanya mamah bikin ada butiran2 telur di dalam kuah..aku se4ndiri jg gak bisa masaknya

kalo beli di luar...jarang bgt yg rasanya tepat soto banjar hikss...


my #1 fave food
Anonymous said…
ada kecap bango....
syl pernah makan soto banjar di banjarmasin back in 2005 enak banget....
Monic said…
hai mbak va...
kemaren aku gogling nyari resep spaghetti eh... nyasar kesini. wuiiih... resepnya komplit, gambarnya menggelitik perut, apalagi aku pas puasa :))
resepnya blom aku coba, mau nanya, ukuran jar itu apa yah?
trus, kebetulan setiap lebaran di rumah ortuku selalu masak soto banjar, karena mama asli sana. nah... aku minta ijin ngambil gambar sotonya buat aku bikin e-card dan aku kirim ke sodara-sodara yang gak bisa mudik, bira ngiler ngeliat sotonya :D
sebelumnya makasih yah mbak va, jangan lupa jar itu ukuran apa?
t!cKa said…
klo aq males masaknya mba.. ada mertua yg lebih pakar.. abis klo aq bikin slalu kena "cela" suami xixiixix.. katanya rempahnya kurang apalagi kurang, ribet..
soto banjar ada yg kuahnya kuning pake susu/santan juga,atau yg bening kaya mba van bikin
klo di Bpp emang lebih campur suku"nya beda ama di BJM
Widya Puteri said…
mmmmm... malu deh baca postingannya vania, walopun as "banjarnish" gw sama sekali gak bisa masak ini hehehehe...

cuman biasanya mama bikinnya dikasih susu evaporated, trus dikasih kuning telur yang di penyet penyet, rasanya mmmm... terkewer kewer (as you know ya, kemaren di martapura, laki gw makan soto banjar selalu 2 porsi euyyy!!)
Anonymous said…
Aku seneng banget lho Soto Banjar. Soalnya emang besar di kalimantan. Aku malah kurang demen soto jawa yg kuahnya kekuningan. Enak soto Banjar, light but also spicy :P
Anonymous said…
Eh.. pernah 2 taun di Blpp ? Lah aku lahirnya di Blpp :D My mom cooked me soto banjar, kalo yg jualan emang sedikit :)
Driya said…
Mbak...makasih ya resepnya.
udah aku posting juga hasilnya di www.namakudriya.blogspot.com

Salam Kenal

DRIYA
nurul - Balikpapan said…
makasih untuk resepnya....
jadi pengen nyoba ;-)