(A Tribute to Ruri) Ayam Goreng & Brokoli Udang Mayo

Seminggu lagi!
Masih ada waktu tersisa 1 minggu lagi untuk berpartisipasi dalam event 'A Tribute to Ruri'.
Untuk detailnya silahkan liat di http://www.atributetoruri.blogspot.com/ atau di Warung Makan atau di milist NCC.
Ditunggu partisipasinya.

Sudah hampir 2 bulan Ruri pergi...
sebuah kehilangan besar bagi dunia foodie blogger Indonesia.
Saya adalah sebagian rekan yg tidak mengenal almarhumah secara dekat. Saya mengenal Ruri dari jarak yang sangat jauh, tapi dari kejauhan itu ada beberapa hal yg saya kenali dari Ruri yaitu;
- Ibu Admin NCC, yg begitu ulet, rapih, dan pekerja keras.
- Juru masak handal, baik untuk keluarganya maupun sebagai 'bakul kue'. Klapertart, Bolu Ketan Hitam, Cookies Tulang, adalah sebagian penganan yg identik dengan Ruri.
- Ibu dan istri yg sangat baik untuk keluarganya.
- Teman berdiskusi yang sabar dan murah hati.
Pasti masih begitu panjang list yg bisa dituliskan tentang Ruri, terutama bagi keluarga dan rekan2 terdekatnya.
Dalam rangka berpartisipasi dalam event A Tribute to Ruri,
saya mencoba 2 resep dari blog almarhumah. Mampir lah ke blog-nya, banyak resep2 unik di sana. Yang menarik, blog tsb berisi berbagai resep masakan juga penganan. Mulai dari makanan berat hingga dessert ringan. Banyak resep2 praktis untuk masakan keluarga. Kedua masakan ini saya buat untuk makan malam di rumah. Praktis dan lezat!

Ayam Goreng ala Ruri
resep asli : http://kuehruri.blogspot.com/2005/12/ayam-goreng.html

Ayam Goreng ala Ruri

Ayam goreng ini mirip ayam goreng kuning, sama praktisnya. Seperti kata Ruri di blognya, kita bisa mengungkep ayam ini agak banyak, kemudian tinggal disimpan di kulkas. Saat diperlukan, tinggal digoreng. Yum...yummm...
Bahan:
1 ekor ayam, potong sesuai selera *saya pake 4 dada ayam tanpa tulang
4 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
5 buah kemiri
2 lbr daun salam
1 btg sereh, geprak
2 cm laos, geprak
2 cm jahe
2 cm kunyit
sedikit banget cuka masak
garam
2 mata asem jawa
sedikit gula jawa

Uleg halus bumbu.
Campur bersama ayamnya, masukkan ke panci, tambahkan air cukup sampai ayam terendam
Masak sampai ayam matang dan nyerap bumbu.
Tiriskan ayamnya, terus goreng, boleh sampe kering (sesuai selera).
Note from Ruri:
Psssttttt.......Cuka itu menurut mertuaku biar daging ayamnya gak ancur tapi bisa empuk, jadi pake dikit ajah, 1 kecrut gitu deh.... hehehe.. bahasanya..........

Brokoli Udang Mayo
resep asli : http://kuehruri.blogspot.com/2006/06/ikan-brokoli-mayo.html

Brokoli Udang Mayo

Resep aslinya adalah 'Udang Mayo' kemudian oleh Ruri dibuat 'Ikan Brokoli Mayo'... dan di dapur saya kemudian menjadi 'Brokoli Udang Mayo'. Enak banget lho! Lain kali, kalau ada acara pot luck, rasanya makanan ini cocok banget jadi bawaan dari dapur kita. Cocok untuk makan malam, digado gitu aja, gak perlu pake nasi lagi.
Bahan:
250 gr udang ukuran sedang (bersihkan)
250 gr brokoli, potong sesuai kuntumnya
150 gr tepung sagu
1 bt putih telur
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
400 gr minyak untuk menggoreng
100 gr wijen, sangrai sebentar

Saus Mayones :
150 gr mayones siap pakai
4 sdm susu kental manis *saya pake 1 sdm saja
4 sdt air jeruk lemon *saya pake jeruk nipis

Cuci bersih udang terus rendam dengan garam dan merica, biarkan 10 menit hingga bumbu meresap
Celupkan fillet ikan ke putih telur, lalu gulingkan ke tepung sagu satu per satu hingga habis
Panaskan minyak, goreng fillet ikan hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, sisihkan
Blansir brokoli
Campur mayones, susu kental manis dan air jeruk lemon, aduk rata.
Campur udang goreng dan brokoli dengan mayones, aduk rata, taburi dengan wijen.
Note from Ruri: (ditulis pada resep Brokoli Siram)
diblansir tuh direbus sebentar ampe matang ajah, angkat langsung masukin ke air es, gunanya biar brokolinya gak tambah mateng n warnanya jadi cantik kayak yang bikin .

Comments

sefa firdaus said…
itu ayamnya cakep banget warnanya... bikin pengen :)
aku udah lamaaaaaaaaaa banget gak makan dada ayam fillet :D

btw, diriku apa harus kirim email dan foto juga utk atribute to Ruri ini?
Anonymous said…
vresco comment

This is really Nice Blog, Best informations and best Articles and nice design !!!
Wait new posting from this blog

Find another Best links in our Websites :

If you have still problem with virus Godham, virus rontokbro / brontok, brontoxyou can find here antivirus for remove all virus brontok here. our antivirus new and updated and care erase all virus brontok on your computer.YOU CAN FIND BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2008 HERE! AND YOU CAN DIRECTDOWNLOAD BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2008! OUR ANTIVIRUS UPDATED AND WE CAN ONLINE SCAN YOUR FILES, FIND NOW!!!

DOWNLOAD BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2008





By : Vresco Company Best Download Free Software Antivirus
Anonymous said…
halo mba vania..salam kenal ya, aku termasuk pemirsa setia blog nya mba vania loo..
btw aku link ya blog nya, tengkyuu...
mba kalo sempet aku dikasi comment yah heheheh...makasi..makasi...
pruvita said…
This comment has been removed by the author.
Anonymous said…
halo mba vania..salam kenal ya, aku termasuk pemirsa setia blog nya mba vania loo..
btw aku link ya blog nya, tengkyuu...
mba kalo sempet aku dikasi comment yah heheheh...makasi..makasi...
Nisa-mom said…
foto nya cantiiiiiik.. ini nih salah satu alternatif makan brokoli dengan sukses hehehe..
Dwiana P said…
Van.... ayam lo ngegemesin amat euy! no comment on the photo as usual yours style is also gorgeous!

btw, gw wondering tiap kali gw masukin alamat site lo ke google reader gw kok gagal terus yah:( will try again I suppose.
A. Ann said…
Duh pasti enak banget niiyyy...pengen bikin deh Mba..
Anonymous said…
enak...enak...enak...

www.globalcrunch.tk
Retno Prihadana said…
Baru liat fotonya aja dah bikin ngilerrrr :)
sefa firdaus said…
Van, dirimu gue timpuk award nih, semoga gak benjol :D
Hallo mbk,salam kenal.Kayaknya seger banget.Icip2 jg di dapurku ya, ditunggu :-)