Tiga Sajian Lezat & Sehat dengan Skippy Peanut Butter.

Smooth & creamy.
Melting in the mouth.
Sticky but spreadable. 
Naturally nutty & organic flavor.
Kira-kira seperti itulah saya mendefinisikan tekstur dan kelezatan Skippy Peanut Butter.
Untuk sebagian orang, peanut butter 'hanya' dikenal sebagai 'selai kacang' untuk isian roti. Memang, itulah pilihan terlezat untuk dioleskan di permukaan roti.
Bayangkan pagi hari, apapun cuaca dan suasana hati saat itu, setangkup roti beroleskan peanut butter dan secangkir susu hangat ataupun segelas jus buah, tentu akan meningkatkan mood pagi.

Tapi tahukah bahwa peanut butter dapat diolah sebagai bahan makanan ataupun minuman yang lezat?
Sebelum saya berbagi beberapa resep lezat dengan menggunakan Skippy Peanut Butter, inilah beberapa fakta unik mengenai peanut butter yang menarik untuk diketahui.
  • Dibutuhkan 540 kacang untuk memproduksi 1 jar 340gr (12 oz) peanut butter.
  • Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi peanut butter dapat menurunkan kadar kolestrol, mencegah diabetes tipe 2, juga membantu menurunkan berat badan. Nah!
  • Berdasarkan penelitian National Peanut Board (US) kaum pria lebih menyukai Chunky Peanut Butter sementara kaum wanita memilih Smooth/Creamy Peanut Butter.
  • Sebagian besar peanut butter adalah vegan dan gluten free.
  • Archibutyrophobia (baca: A’-ra-kid-bu-ti-ro-pho-bi-a) adalah ketakutan akan 'nyangkutnya' peanut butter pada langit-langit mulut.
sumber : Buzzfeed dan Mother Nature Network

Di dapur kami, Skippy Peanut Butter menjadi andalan yang tersedia baik untuk sarapan ataupun bahan membuat kue ataupun saus salad. Bahkan untuk bahan marinasi sate pun saya menggunakan peanut butter ini sebagai 'bumbu rahasia'.
Homemade peanut butter brownies, peanut butter muffin hingga peanut butter cookies tidak pernah gagal membahagiakan teman-teman maupun keluarga tercinta saya.
Tetapi kali ini saya akan berbagi beberapa resep yang sedikit berbeda, menarik dan cukup mudah membuatnya. Semuanya menggunakan beberapa varian Skippy Peanut Butter

Kenapa memilih Skippy Peanut Butter?
  • Rasa. Tingkat kemanisan yang dikombinasi dengan sejumput rasa asin-nya pas sekali. Rasa kacang masih sangat terasa dan tentu tanpa rasa pahit yang terkadang dihadirkan oleh kacang yang gosong. 
  • Tekstur. Sangat konsisten. Sejak sendokan pertama dari permukaan jar Skippy Peanut Butter varian manapun hingga sendokan terakhir, konsistensi peanut butter ini sama! Tidak ada lapisan minyak pada bagian atasnya, yang biasanya terjadi jika konsistensi peanut butter kurang merata. 
Dua alasan tersebut di atas rasanya sudah cukup membuat Skippy Peanut Butter menjadi pilihan tepat baik untuk olesan roti maupun dijadikan campuran ataupun topping pada makanan/minuman yang kita buat.
Resep berikut ini adalah resep olahan menggunakan 3 macam varian Skippy Peanut Butter yang telah diuji di dapur saya. Makanan ini sangat mudah membuatnya, anak-anak dapat diajak ikut membuatnya dan ketiganya benar-benar lezat serta memuaskan para pelanggan setia saya, yaitu suami dan anak-anak.
Silahkan mencoba.

Olahan pertama :
Skippy Chocolate Peanut-Butter Granola Bars.
Jika selama ini kita cukup sering membeli granola ataupun granola bars, kenapa tidak membuat sendiri? Dengan tahapan yang sederhana berikut, dalam sekejap saja 18-20 granola bars dapat tersaji. 
Untungnya ada Skippy Peanut Butter dengan varian kombinasi peanut butter dan coklat. Jadi saya memilih menggunakan varian Skippy Chocolate Peanut-Butter untuk menguatkan kombinasi rasa coklat dan peanut butter pada granola bars ini. 
Membuat granola bars ini, secara singkatnya adalah menggabungkan campuran bahan cair/basah dengan bahan kering yang telah kita siapkan sebelumnya. Kemudian diaduk rata sebelum dituang ke dalam loyang untuk di panggang.

Akhirnya, kurang dari 24 jam sejak keluar dari oven, Skippy Chocolate Peanut-Butter Granola Bars ini habis tanpa sisa. Enak sekali dan dapat juga dijadikan bekal untuk anak-anak ke sekolah.
Bahan :
100 gram rolled oat
60 ml corn syrup/maple syrup
70 gram Skippy Peanut Butter (varian Chocolate)
3 sdm gula palem
2 sdm mentega tawar
2 sdm madu
1 sdm vanila
1/2 sdm garam
50 gram rice crispy cereal
25 gram corn flakes cereal
3 sdm chia seeds
50 gram chocolate chips
Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C. Alasi loyang berukuran 13x9 inci dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Tuang dan ratakan oatmeal di atas loyang yang cukup besar, dan panggang di dalam oven selama 10-15 menit hingga agak kering. Sesekali di aduk kemudian dipanggang kembali.
Sisihkan dan biarkan mendingin.
3. Dalam panci kecil, campurkan corn syrup, Skippy Chocolate Peanut-Butter, gula palem, mentega dan madu. Panaskan di atas api kecil hingga peanut butter dan gula palem meleleh.
Angkat, kemudian tambahkan vanilla dan garam.
4. Dalam mangkok besar campurkan oatmeal, rice crispy cereal, corn flake cereal dan chia seeds. Aduk rata.


5. Tuangkan campuran bahan cair (campuran corn syrup, peanut butter dll) ke dalam campuran bahan kering (campuran oatmeal & cereal), aduk hingga tercampur rata. Kemudian tuang ke dalam loyang yang telah disiapkan kemudian taburkan chocolate chips pada bagian atasnya. Tekan perlahan hingga rata.
6. Panggang di dalam oven selama 12-15 menit hingga agak mengeras. 
Keluarkan dari oven dan biarkan hingga mendingin sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong berbentuk batangan. 
Simpan dalam kotak tertutup. Dapat tahan hingga 3 hari pada suhu ruangan atau dapat disimpan dalam freezer hingga 2 bulan.
18-20 granola bars.
----------------------------------
Olahan kedua :
Selada Kol dan Wortel dengan Saus Kacang
Jika biasanya saya membuat bumbu gado-gado atau saus untuk selada bangkok menggunakan peanut butter, kali saya kembali mengolah sayuran mentah yang dicampur dengan saus peanut butter. Dengan campuran minyak wijen, kecap asin, serta perasan jeruk nipis pada Skippy Creamy Peanut Butter, rasa saus yang dihasilkan menjadi lebih rich. Saya tambahkan suun sebagai bahan tambahan sekaligus sumber karbohidrat serta potongan ayam panggang serta kacang sebagai taburan, menjadikan hidangan ini cukup lengkap gizi dengan eksotika rasa ala Vietnamese Salad.
Bahan : 
50 gram suun
50 ml kaldu ayam
4 sdm Skippy Creamy Peanut Butter
2 sdm kecap asin
2 sdm perasan jeruk nipis
1/2 sdt minyak wijen
1 siung bawang putih, cacah halus
100 gram kol ungu, iris kasar
2 wortel sedang, kupas dan parut kasar
3 lembar daun selada
5 batang daun ketumbar
25 gram kacang panggang madu
Jeruk nipis beberapa iris
Cara Membuat : 
1. Rendam suun dalam air panas, sekitar 5 menit hingga lembut, saring, kemudian sisihkan.
Bersihkan dan siapkan semua sayuran yang diperlukan.
2. Buat campuran Saus Peanut Butter dengan mencampurkan kaldu ayam, Skippy Creamy Peanut Butter, kecap asin, madu, perasan jeruk nipis dan minyak wijen dan bawang putih. Aduk hingga rata.
3. Tuang Saus Peanut Butter ke dalam campuran kol ungu dan wortel, aduk rata.
4. Bagi suun pada empat piring yang telah disiapkan. Tambahkan daun selada kemudian tambahkan campuran kol dan wortel di atasnya. Taburi dengan daun ketumbar dan kacang panggang madu. 
Jika suka tambahkan potongan ayam panggang atau tahu.
Untuk 4 porsi.
--------------------------------------------------
Olahan ketiga : 
Banana Peanut-Butter 'Ice Cream'.
Tanpa susu, tanpa krim, tanpa telur. 
Tetapi rasa dan tekstur yang dihasilkan sesuai dengan yang kami harapkan. Benar-benar seperti konsistensi es krim ataupun frozen yogurt. 
Hanya dengan menggunakan pisang yang telah dibekukan, dicampur dengan Skippy Chunky Peanut Butter serta sedikit minyak kelapa juga bubuk kayu manis dan pala, dalam sekejap kesegaran es krim dapat dinikmati.
Jadi mulai sekarang, jika di rumah tersisa pisang yang telah cukup matang, dari pada busuk segeralah diamankan dalam freezer. Ingat, jangan membekukan pisang dengan kulitnya, tetapi dikupas dulu.
Penasaran?
Bahan : 
4 buah pisang yang telah matang
60 gram Skippy Chunky Peanut Butter
1 sdm minyak kelapa
1 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt pala bubuk
Cara Membuat :
1. Potong pisang 1,5 cm, lalu letakkan di atas baki atau loyang datar yang telah dilapisi plastik. Tutup rapat dengan plastik wrapper, lalu masukkan freezer selama minimal 2 jam atau hingga semalaman. 
2. Masukkan pisang yang telah beku, Skippy Chunky Peanut Butter, minyak kelapa, kayumanis serta pala bubuk ke dalam food processor atau blender.

3. Proses hingga lembut dan mencapai konsistensi yang diinginkan. Jika suka dengan konsistensi frozen yogurt yang lembut, maka es krim dapat langsung dikonsumsi. Jika ingin yang lebih padat, dapat dipindahkan dalam wadah yang tertutup lalu dibekukan selama 1 jam.
Sajikan dalam gelas/mangkok dengan praline.
Untuk 4 porsi.
~~~~~~~~~~~
Agar sajian lebih lengkap, saya tambahkan homemade praline yang terbuat dari karamel yang dibekukan.
Cara membuat Praline, 
Campurkan 6 sdm gula pasir dengan 2 sdm air. Biarkan gula larut dan berubah warna kecoklatan. 
Tambahkan 2 sdm campuran biji wijen hitam dan putih. 
Kemudian tuang masing-masing 1 sdm di atas kertas roti, biarkan mengeras.
Praline dapat langsung digunakan, atau dipatahkan kecil untuk taburan es krim.

Selamat menikmati kelezatan aneka olahan menggunakan Skippy Peanut Butter. 
Dengan kreatifitas teman-teman semua, aneka makanan ataupun minuman bikinan rumah dapat dengan mudah tersaji.
Selamat berkreasi.
----------------------
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Comments

Suga Tangguh said…
Keren banget olahannya. Kreatif sekali..
Vania said…
Makasih Mas Tangguh🙏🏻
Afifah Mazaya said…
Es krimnya menggoda. Patut dicoba. :D
Vania said…
Beneeer, patut banget dicoba Mbak. Gampang bikinnya dan enaaaaak banget.