Our Favorite SPAGHETTI

Ini lho... resep praktis spaghetti andalan sy. Maaf buat yg udah sempet sibuk ngubek2 blog ini u/ nyari resep spaghetti (kog bisa tau sih kalo spaghetti kita enak? :D). Kenapa selama ini gak sy tulisin di sini resepnya,... bukannya gak mau 'berbagi' tapi selama ini kalo bikin emang gak ada takaran pastinya, semua pake feeling.
Photobucket - Video and Image Hosting
Sebenarnya kalo kita jalan2 ke supermarket pasti bakal ketemu byk spaghetti sauce. Baca petunjuknya... konon tinggal nyampur si sauce dgn daging cincang...matengin, jadi deh... tinggal campur pastanya. Tapi percaya deh, rasanya bakalan datar2 ajah. Entah sejak kapan sy ketemu 'ramuan' ini, sampe akhirnya menurut keluarga sy,... "This is the best spaghetti sauce!" :) Seperti biasa,... krn sy masak u/ keluarga tercinta, rasanya kog gak enak hati kalo isinya cuma daging melulu, akhirnya udah jadi standart spaghetti sauce sy selalu ada jamur dan wortel mendampingin daging cincang dan sosisnya. (kayagnya dicampurin brokoli jg bakalan enak deh). Nah... kalo resep by feeling ini disusun dgn lebih ter-organize, jadi gini ...

Dgn sedikit minyak tumis 1 buah bawang bombay (ukuran sedang yg sudah dicincang kasar) dan 3 siung bawang putih (yg sudah dicincang halus) hingga harum. Masukkan 300 gr daging cincang (kalo bisa tanpa lemak) hinggak daging berubah warna menjadi kecoklatan. Masukkan 1 buah wortel (seukuran wortel import, yg telah di potong kotak kecil2), aduk rata dengan daging cincang. Biarkan hingga air (dari daging) hampir habis.
Masukkan jamur kancing (kira2 setengah kaleng ukuran besar, yg telah dipotong2-dibagi 4), 2 sosis (kalo suka, yg telah diiris tipis) , aduk rata. Masukkan 3 buah tomat besar (yg telah dipotong kecil), 1 jar spaghetti sauce dan 3/4 jar air matang. Aduk rata dan biarkan mendidih. Tambahkan 1 sdt oregano, 1/2 sdt basil plus... garam, merica dan gula. Ke tiga bahan yg terakhir ini bener2 by feeling, khusus u/ gula jangan ragu2 u/ nambahin jumlahnya sesuai selera krn ini dibutuhkan u/ menetralisir rasa asam dari tomat.
Biarkan seluruh bahan diatas api kecil selama bbrp saat agar saus meresap dlm daging. Sesekali diaduk2 (agar saos bagian gak ada yg gosong), hingga tomat nyaris hilang dari pandangan, tercampur bahan2 lain dan saus jadi mengental. Hidangkan bersama pasta...

Comments

Eliza said…
Va, kalo ada daun basil yg seger lebih sedep lagi...paling enak!
an said…
Mbak Van, thx resep saus spaghettinya. Uenyak, lbh rich dr yg biasa aku bikin, krn ada tambahan wortel jamur n sosis. Biasanya aku pake bwg putih, bombay, daging cincang, tomat diblender + prego. Kemarin aku cobain pake delmonte. Boljug nih, lebih murah hahahahha.....;-)
TaTa said…
Mbak van spagettinya bikin saya ngiler .... btw basil ma oregano apa yah mba bahasa indonesianya ???
Vania said…
Eliza,...
di sini susah dpt basil seger. Kebayang pasti lebih sedep kalo pake yg seger, apa daya...

Dyah,
bener delmonte ternyata lumayan yah. Oya, suamiku selalu pake tabasco kalo lagi berspaghetti.
Dy, sy dah nyoba juga saos BBQ-nya Delmonte, wkt itu sempet salah ngambil, krn botolnya mirip bgt ama saos spaghetti. AKhirnya si saos BBQ ta pake u/ rendem daging (has dalem) yg diiris tipis-biarin 1-2 jam di kulkas. Trus tumis pake bawang putih+bombay, mushroom, kentang (potong kotak yg dah digoreng bentar) dan brokoli (biasanya sy steam dulu, biar dimasukinnya belakangan jd bentuknya masih bagus)... hasilnya ...enak bgt dimakan pake nasi putih anget :)

Tata,
Oregano & basil gak ada nama Indonesianya. Paling gampang nyari di Hero, di bagian bumbu2... ada yg botolan ada yg diplastik kecil2, keluaran Hero (hero save).
Hayo..hayo... bikin spaghetti....
Vania said…
To Devy...
Dev, maaf sms-nya belom dibales, males ngetik.... kecil2 sakit mata! Tadi gw lagi di 'Laundry' sekitar Fantasy Mall, masukin 3 seprey @7 ribu sajah, demi hemat air. Ngobrolin ttg kekonyolan BBQ sauce...
Gini, wkt gue mo masak saos spaghetti u/ kita picnic, gue tuh dah beli saucenya bbrp hari sebelumnya. Nah malem itu, begitu mo buka, astaga...udah gak seal lagi. Gue kan gak mau elo2 pade sakit perut. Jadi malem itu gue ngebut ke Susana beli Spaghetti sauce. Anak2 gue tinggal be2 aja, bokapnya lagi kluar kota. Nyampe rumah... begitu mo buka... astaga... ternyata gue salah beli, itu BBQ sauce. Mo pingsan rasanya. Trus rencana gue mo tinggalin lg tuh anak2, toh gue kalo ngebut dah ngalahin Schumacher lah. LHa pas suamiku nelfon, trus dia gak bolehin dong anak2 ditinggal. Jadilah gue berbondong2 ke Susana LAGI demi nuker tuh BBQ sauce dgn spaghetti sauce. Hallaah...
Belakangan gue sekali lagi salah beli... ujung2nya gue bikin kayag gue ceritain di atas, lha... sekarang jadi favorite jg. Tetep... pake tabasco. Kalo beli tabasco di Susana, 13.8rb. Di tempat spm terkenal itu jualnya 23 atau 26 rb gitu. Si BBQ Sauce itu bisa dipake 2-3x masak kog. Yg penting kalo dah dibuka simpan di kulkas.
deph said…
yups, aku jg beli tabasco di susana, harganya jauh lbh murah dibanding SPM yg laen.. iya gw jg ke susanan mo ambil spaghetti sauce malah ambil BBQ, huh lgs deh anton misah-misuh, musti nunda makan spaghetti.. thx yo mbak, ntar deh gw coba memperdayakan si Delmonte BBQ, ha3..
Mbak Van, aku dach nyoba bikin spaghettinya dan mang bener rasanya yummi buanget, padahal ini pertama kali aku bikin yang namanya spaghetti. Hubby tadinya ngak yakin kalo spaghetti buatanku enak, eh pas dach mateng makannya sampe bersih dech tuch piring.
Thanks a lot ya mbak.
Anonymous said…
Mbak Vania, aku udah nyoba resepnya dan jadi favorit keluarga jg mbak. Resepnya dicontek dan diutak atik dikit ya mbak... makasih banyak..
dyananda said…
Mba, kalo resep ini dipake saus pizza gimana? Oke ga? Wortel di skip
Anonymous said…
Sebenernya saus Del Monte ini aman gak sih mbak dimakan tanpa dimasak?...