Street Food in Mumbai (1)

Seperti halnya pasar tradisional, 'street food' tidak pernah berhenti menebarkan pesona. Warna-warni jajanan, rasa dan wangi makanan yg eksotik, kelihaian sang vendor mengolah makanan dagangannya, peralatan sederhana yg serba unik hingga penataan dagangan yg menarik menjadi magnet kuat untuk konsumen... selain harganya yg cukup terjangkau! :)
Mumbai Street Food
Di Mumbai, street food ini jadi atraksi yg sangat menarik. Banyak yang bisa 'dinikmati' sekalipun kadang gw gak berani nyobain (~ini menyangkut masalah higienis aja, krn sebagian besar makanan tsb dijual di tempat yg sangat terbuka).
Street Food memang sudah menjadi bagian dari budaya warga India terutama sejak ramainya perpindahan penduduk ke daerah perkotaan. Sangat menarik menyaksikan berjenis-jenis makanan yg ditawarkan, juga konsumen yg ramai mengelilingi si pedagang-hingga akhirnya tempat itu sekaligus menjadi ajang sosialisasi.
Pedagang makanan, yg sebagian besar berjualan di tepi jalan besar, sudah mulai 'berjuang' sejak pagi hari, menawarkan berbagai jenis 'sarapan'. Pemandangan menarik bisa dinikmati tiap pagi, makanan beruap, buah2an tertata menarik, uap teh yg ngebul2, roti bakar wangi...rame dikerubutin pekerja yg menuju tempat kerjanya. Lunch time gak kalah seru, sampai jalanan pun jadi macet. Dan menjelang sore, jenis yg sama dengan jajanan siang hari tetap rame disamperin orang2 yg kelelahan pulang kerja. Jangan harap ketemu sate ayam atau burger di antara dagangan makanan tsb. Sebagian besar masyarakat sini adalah vegetarian, jadi yg diperdagangkan pun makanan vegetarian.
Sandwich & Toast
Mumbai Toast
Ini salah satu jenis jajanan yg sejak awal menarik perhatian gw karena kepopulerannya. Gak nyangka jenis roti seperti ini begitu digemari masyarakat sini. Kirain bakal sering ngeliat nan atau chapati di pinggir jalan, ternyata sandwich! Mungkin budaya makan sandwich ini adalah pengaruh zaman kolonial dulu. Dan isi roti-nya... lagi2 sayur mayur! Yang cukup laku, roti diisi sayuran dan keju, dipanggang dengan jaffle iron di atas api kompor, hingga bagian pinggirnya melekat, disajikan panas2. Sampai malam hari pun makanan jenis ini tetep laku keras.
Chai (~teh) Budaya minum teh memang udah jadi kebiasaan umum orang sini. Gak heran lah, karena India memang penghasil teh terbesar di dunia dan sekaligus jadi negara peminum teh. Tiap tahun India memproduksi 500 juta kg teh! Pasti familiar dong dgn tempat2 penghasil teh spt Assam, The Nilgiris juga Darjeeling.
Teh tsb... 1/2 diexport, sisanya diminum sendiri. Teh benar2 jadi minuman nasional. Yg dijual tentu bukan jenis teh celup, tapi teh daun yg didihkan kemudian dicampur susu dan gula dalam sebuah panci besar dengan kompor sederhana plus peralatan serba 'stainless steel'. Disaring, dituang dalam teko dan dinikmati gelas2 kaca berukuran kecil (terlalu kecil menurut gw :D). Pedagang teh ada yg bersepedah ada yg buka warung sederhana dipinggir jalan, sampai yg niat bikin warung permanen. Semua sama lakunya.
Gw sendiri, sejak tinggal di sini... jadi peminum Twinings! yihaaah... krn produksi lokal, harganya sangat terjangkau.
Traditional Food Nah ini menarik banget. Jenisnya sangat banyak, variannya pun gak kalah banyaknya. Gw gak bisa terlalu byk cerita, krn lidah gw belum terlalu bersahabat dengan makanan2 ini :(. Hampir semua yg dijual vegetarian food. Kacang2an, kacang berbagai jenis digoreng dan dicampur berbagai bumbu, begitu kita beli dibungkus dalam keras berbentuk kerucut. Goreng2an juga ada berbagai jenis, yg familiar cuma samosa.
Nah gambar disamping ini 'ragda puri'. Varian puri (kadang berbentuk kepingan gepeng atau bola kopong) ini juga gak kalah byk, selain ragda puri ada lagi Bhel Puri (yg paling beken), ada shev puri, dan entah apa lagi. Kalo yg namanya tandoori chicken, gak ada di pinggir jalan :).
'ready to eat' FruitDi sini buah sangat gampang ditemui, dan harganya sangat terjangkau. Anggur dijual dengan gerobak, bertumpuk2 di pinggir jalan. Manis, tanpa biji!
Strawberry, merah merekah, ukurannya gede2, kayag California Strawberry :D. 1 kg dijual 50 rupees (~Rp 12.500). Buah tropis juga gak susah ditemui. Mulai dari nanas, semangka sampe sawo.
Pedagang buah siap makan pun gak kalah banyak. Biasanya buah2an tsb dijual di piring2 kecil, dicampur berbagai jenis buah, dan ditata dengan menarik. Lumayan menggoda, dan cukup digemari. Sayangnya, dijual dalam keadaan terbuka. (mmm kayagnya org sini udah imun dari berbagai kuman). Biasanya kalo summer pedagang buah ini makin dicari banyak orang.

Satu hal yg cukup menarik, sebagian Street Food Vendor ini adalah kaum lelaki. Weekend kemaren gw jalan (& foto2) di sebuah jalan besar di down town yg disepanjang trotoarnya dipenuhi 'street food' ini. Gak satupun pedagangnya wanita! Pembelinya... lagi2 90% lelaki. Kalaupun ada wanita, paling mereka 'take away' makanannya. Bisa dibayangkan betapa gw dipandangi 'aneh' ama orang2 disana. Apa boleh buat.... the show must go on. Street Food akan selalu menarik perhatian gw, membuat gw penasaran dan akan gw samperin!

Mumbai Street Food
...gak ada resep baru kali ini :)

Comments

akhirnya muncul juga postingan baru ... salam kenal mbak, blog mbak adalah blog favorit saya, yg saya coba di rumah semua resepnya dari blog mbak, saya link ya (walopun blog saya belom bener2 jadi hehehehe ... :)
Si Rini said…
Wow... foto2 nya. Membuat yg baca serasa berada di sana.

Idem ma mama rodo en anya. Blog favoritku juga nih.

Ditunggu resep2 nya
Anonymous said…
perut harus kebal ya Van, baru berani nyobain semua makanan itu. aku yg ngeliatnya sih tertarik sekali nyobainnya.

udah lancar sekarang sarana internetnya, bisa nge blog lagi? :)
Anonymous said…
Mbak jaffle iron tuh kyk apa ya. Aku penggemar sayur2an dan liat roti sayur yg nempel pinggirnya tuh napsuin bgt
Vania said…
Rosa, salam kenal jg.
Thx dah mampir, maaf udah kelamaan gak di update :(

Rini...
Foto, duh standart bgt. Acara foto2 kudu dilakukan 'low profile', pake kamera kecil biar gak terlalu menarik perhatian.
Mudah2an besok2 bisa munculin resep baru :)

Eliza...
iya nih rencana mo vaksinasi Typhoid dulu :D. Menggoda dan bikin penasaran bgt dagangan di street food itu.
Internet, masih bermasalah El. Dah 2 minggu register u/ masang di rumah, sampe sekarang belom ada hasilnya. Payah deh. Ini masih minjem komputer suamiku, makanya nginternet cuma bisa malem2... buru2 lagih.

Nana,
Jaffle Iron itu spt cetakan kue semprong, tp gak permukaannya gak datar, tapi bisa diisi roti.
Search deh di Google 'image', ketik jaffle iron, naaah nongol deh foto2nya.
Anonymous said…
Mba Vania akhirnya ada postingan baru...wah selamat datang di mumbai mba...saya pernah ngerasain 2 minggu di mumbai pulang - pulang sakit perut, mungkin karena makanannya terlalu sarat bumbu dan belum cocok dengan perut saya,maklum ndeso...he he he wish you will be happy there..ditunggu resep barunya mba
Anonymous said…
halo vania, salam kenal dari pattaya. Gw dari dulu pencinta resepmu tapi baru contact sekarang. Keren baget..!!. Cepetan ditunggu resepnya..(maksa), thank you yah..
Foni said…
vania..lo harus coba their street food... percaya deh engga bakalan sakit perut... wak wak..gue kan begitu disana..syukur aman2aja...semuanya enak loh van... apalagi juice lemon dijalan itu..seger bangettt pas panas2222
Anonymous said…
suka banget deh postingan ini, mbak. four thumbs up! informatif dan edukatif, jadi tau di india itu seperti apa. bikin postingan kayak gini lagi dong mbak....
Sylvie Gill said…
vania.....
salam kangen dari hanoi
glad to read your blog again
Anonymous said…
Wah...senang rasanya bisa mampir di blognya mbak vania..
Mbak, boleh bagi ilmunya dong..;o)
Gimana sih caranya buat link yang ada logonya (i.e.:wilton, martha stewart) di blog. Aku coba bikin tapi koq gak berhasil ya...

salam,
sisca,-
sisca said…
Wah...senang rasanya bisa mampir di blognya mbak vania..
Mbak, boleh bagi ilmunya dong..;o)
Gimana sih caranya buat link yang ada logonya (i.e.:wilton, martha stewart) di blog. Aku coba bikin tapi koq gak berhasil ya... Kalau gambar bisa tapi kalau link ke web yang muncul logonya doang :o( Help me ya mbak..

salam,
sisca,-
banyak ya Van jajanannya. Klo di tempat gue kebalikannya, di INdia banyak jajanan vegetarian, di sini....kambing lagi kambing lagi, mutton lagi mutton lagi, blun lagi roti2nya yang kayak lap kanebo hwakakakakkk! tapi seru juga loh nyoba2in kek begituan :P
Vania said…
Gita, Lisa
thank you, dah mampir2 lagih.
Mudah2an bisa segera ngupdate niy. Masih excited meratiin makanan orang lain :D

Foni,
Lemon juice... iyah, menggoda bgt. Tapi gw kangen ama teh botol niy :D

Tanya,
Thx, mudah2an besok2 bisa laporan acara jalan2 lagi. Gw doyan banget masuk keluar pasar tradisionalnya, liat makanan yg aneh2 buat gw. THx ya.

Mbak Syl,
salam kangen jg dari sini.
Mudah2an kapan2 bisa liat makanan2 di Hanoi (berharap2 bisa ke sono).

Sisca,
tinggalin email address deh,
ntar ta ajarin via email.

Bener Dit,
menarik liat makanan yg aneh2. Roti Kanebo... paratha gitu? ataou swarna? Daging disini susah dptnya, gak ada di supermarket atau pasar. Kudu order, home delivery atau ke toko khusus daging, cuma ada dikiiiit bgt jumlahnya. Sapi binatang yg disucikan, jd gak boleh dipotong. Gw sempet 1 bulan lebih disini gak makan daging merah sama sekali lho. Cuma ayam-ikan/udang-sayur doang. hi..hi..
Anonymous said…
Hebat banget kalo bisa makan ini tiap hari :( sehari aja rasanya uap bumbunya udah keluar dari hidung :)) Sampe sekarang tetep nggak nahan walaupun pengen...
A. Ann said…
Menarik banget Mba ..India banget gitu..
Miming said…
Mmmm... mbak jadi berasa di India nih baca postingan yg ini. Kapan ya bisa jalan2 ke sana..?*lg ngayal nih*

Eiya.. salam kenal ya mbak.. Boleh ya sy link..?
fennypurnawan said…
Vania, nice and very useful blog! Boleh tanya, Anda pakai kamera apa untuk memotret makanan? tks very much.
Vania said…
Erly,
buat yg masih asing ama makanan2 ini, pasti gampang enEk. Sy kalo nyoba 1x, seminggu berikutnya kudu take a break... gak nyentuh makanan2 itu dulu :D

Anne,
iya tuh menarik bgt.. penuh warna, berjuta rasa :D

Miming,
salam kenal jg. Thx dah mampir. Kalo berkesempatan jalan2 ke sini kabarin deh, kita jajan2 bareng.

Fenny,
Thx. Untuk postingan ini sy pake pocket digicam (Canon A710 IS)~maklum foto2 di depan umum kudu keliatan low profile :D
Postingan lain, kadang pake si pocket digicam tadi kadang pake camera 'tua' Canon 300D. (jgn di cari, udah out of date bgt).
Anonymous said…
Vania, salam kenal... seneng bisa mampir lagi dan ada update an baru soal makanan India lagi... keep posting yg beginian yaa....
Anonymous said…
Hi...i just love your photos...they're great & pretty...