Bolu Kukus

Case closed!
Akhirnya terobati rasa penasaran krn kegagalan bolu kukus yg lalu itu.
Jumat, 12 Sept 2008,
04.20am
Setelah suami saya berangkat (ke airport u/ dines keluar kota)... saya mulai nyiapin peralatan di dapur, dan mulailah acara membuat bolu kukus. Kali ini dengan resep yg berbeda dengan sebelumnya. Kalau sebelumnya hanya pake putih telur (sebenarnya di situ kehebatannya), kali ini pake telur utuh. Ya udah lupakan masalah diet kuning telur demi keberhasilan pembuatan bolu kukus :D.
05.25 am
Setelah proses pengukusan sekitar 20 menit (tanpa boleh membuka dandang), dengan rada deg-degan (seperti nunggu pengumuman 'umptn', yg hasilnya ditunggu subuh2 banget), terreeeeng... ohhh senangnya liat bolu kukus bermekaran :)
Sebenarnya sy bikin 2 versi, satunya lagi versi pake meises (chocolate rice) seperti saran Ayu di postingan bolu kukus yg gagal itu (thank you Yu, you're an angel!), cuma krn keburu dibawa anak2 ke sekolah jadi gak sempet di foto. Jadi... terobati sudah rasa penasaran itu.

Bolkus1

source: Makanan Kecil Terlezat (Seri Masak Femina Primarasa)
Bahan:
2 butir telur
2 kuning telur
250 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
175 ml air soda manis
1/4 sdt pewarna merah (sesuai selera) *sy pake warna hijau!
Mangkuk kue dari kertas (paper cup) :)

1. Didihkan air dalam dandang dengan api besar. Bungkus tutup dandang dengan serbet. Alasi 18 buah cetakan bolu kukus dengan mangkuk kue dari kertas.
2. Kocok telur, kuning telur dan gula dengan mikser berkecepatan tinggi hingga putih dan kental. Tandanya jika diangkat dengan spatula, adonan jatuh meninggalkan jejak seperti pita.
3. Masukkan tepung dalam beberapa tahap, aduk dengan spatula. Tuangi air soda, aduk hingga rata. Ambil 100 ml adonan, tambahkan pewarna merah, aduk rata.
4. Tuang adonan putih ke dalam cetakan bolu kukus hingga hampir penuh. Tuangi atasnya dengan 1 sdt adonan merah.
5. Masukkan ke dalam dandang yg sudah dipanaskan, tutup dandang, kukus dengan api besar hingga matang (sekitar 20 menit). Keluarkan cetakan dari dandang, lepaskan mangkuk kue dari cetakan.
Sajikan (kalo mekar :D)

Bolkus4 Bolkus3 Bolkus2

Tip : Kukus adonan sekaligus dan jangan biarkan adonan menunggu terlalu lama sebelum dikukus. Tujuannya agar udara dalam adonan tidak menguap membuat adonan tidak dapat mekar.

Comments

Anonymous said…
Aiiihh, cantiknyaaa! :D Dengan ini, resmi terbebas dari kutukan bolkus mingkem ya, mbak.. Selamat! :D
QQ said…
Congrats, Mbak Ve...
Enak banget tuh bolunya... Aku mau dikirim satu deh ya... ^_^
Hani said…
mbak Van, ceritanya mirip2 nih, aku jg pernah dikerjain ama bolu kukus :d (http://haneey30.multiply.com/journal/item/63/Im_feeling_happy_because_of_you)

emang gregetan kalo bolu kukusnya gak mau mekar ya.. congrats anyway, skrg udah cantik bolkusnya :)
Anonymous said…
kayaknya si bolkus ini emang nyebarin kutuk x ya? dulu jeane jg gitu sampe mami bilang uda jean ga usah bikin lagi, sayang telur and gulanya kebuang percuma...tapi skarang..gampil! boleh donk nyombong?slamat ya mba?he..he..kyk lg hajatan aja dislamatin...
Dita said…
aiihhhh akhirnya! Lo kasih lawakan apa Van, jadi pada ngakak gitu?? :D
Unknown said…
Canteeeekkkk! tooop deh!
Unknown said…
Congrats!!!

Akhirnya bolunya ngakak krn berhasil ngerjain Mba Vania! Wakakakakakaka....

Kalo ngga pernah gagal kita ngga akan pernah belajar. Setuju ya? Setuju kan? Setuju dooonnnggg.....!

hehehe..

Warmest hugs.
Foni said…
bangun pagi banget van...
selamat ya..akhirnya menaklukan si bolkus..
Unknown said…
duh selamat ya jeng... akhirnya ketawa ngakak juga tuh si bolkus. makasih tips n trick-nya ya, nanti gw praktekin ah.
Vania said…
Thanks All,
...urusan bolu kukus dah 'case close' deh. Gak kepikiren lagi :D

Dit, bikinnya subuh2, gak bisa ngelawak jam segitu :) Mana dandangnya ketutup kaen lap, jd mereka gak bisa liat gw, gak bisa denger gw ngelawak :D
Anonymous said…
cuantiiiiiiiik... !!!
aku nih lagi ngidam bolu kukus van.. tapi belon pernah bikin... aku mau donk kalow dikirimin... mo nyobain masak ko males... gag tau deh, sejak hamil baby boy sampe dia udah sebulan ko yaaaa masih muales masak toh... hehehe... :D
blissful said…
Makasih nih sharing resepnya, Mbak. Cihuy.... aku sukses besar bikin pertama kali dan semua ngakak! Hr ini bikin lg u/ cupscake, ngakaknya malu2, mungkin krn aku pake air soda bekas dr kemarin ya. Rencana mau jualan di bazar kbri sini hr sabtu nanti... mari yuks...