[MasBar Yuk!] Simple Bento

yup... setelah absen bulan lalu, sekarang saya kembali bergabung untuk masak bareng.
Tema 'Masak Bareng Yuk!' bulan ini adalah Bento.
Cukup sering melihat hasil karya bento teman2 di blog mereka, lucu-lucu, imut, colorful. Sekalipun setiap hari harus menyiapkan 'perbekalan' anak2 ke sekolah, rasanya gak sekalipun saya menghias-hias bekal mereka. Satu hal yang saya pastikan, makanan mereka bisa dinikmati dalam keadaan 'baik', menarik, tidak berantakan, tidak tercampur satu dengan lainnya-sekalipun mereka kurang berhati-hati dalam membawa tempat bekalnya.
Saya berharap, begitu tempat bekal itu dibuka, mereka tidak langsung kehilangan nafsu makan karena di depan mereka tersaji makanan yg sudah 'benyek', dengan bentuk yang tidak karu-karuan. Dan harapan terakhir, semoga mereka menghabiskan makanan tersebut dan membawa pulang tempat bekal yang sudah kosong. Jangan sampai makanan terbuang-buang.

bento1

Jadi apa bekal kali ini? Anak sulung saya, paling tidak doyan dibekali nasi ke sekolah (berbeda dengan adiknya yang belum kenyang kalau belum makan nasi!). Dia lebih suka dibekali beberapa jenis makanan 'sekali hap' (bite size) :)). Misalnya potongan roti dengan beberapa isian yg berbeda, potongan sayur dan buah, sosis, nugget, biskuit, pudding, atau cake. Jadi, bento versi anak saya ini, tanpa nasi :)) Kali ini tempat bekal ini saya isi,
- potongan jagung rebus
- kroket kentang keju super mini
- pangsit goreng
- anggur dan biskuit (gem rose)

Bento :))

Menyiapkan lunch box tidak terlalu merepotkan.

Pangsit : Isi pangsit (ayam + udang) biasanya saya buat sekalian agak banyak, dan disimpan di freezer dalam kontainer2 kecil. Malam sebelum tidur, satu kotak saya pindahkan ke kulkas 'bawah' kalau keesokan harinya ada rencana bikin pangsit. Pagi harinya tinggal bungkus sejumlah yang akan dibawa ke sekolah (dilebihin dikit buat yang dirumah :D), dan di goreng.
Resep andalannya ada di postingan ini.
Kroket Kentang Keju, sengalami nasib yang sama. Tinggal dibuat malam harinya, keesokan paginya tinggal di goreng. Sedikit tips, biarkan 'calon kroket' di suhu ruangan beberapa saat sebelum digoreng dan jangan pakai minyak yang terlalu panas, nanti pada pecah/meletus.

bento2

Kroket Kentang Keju
1.
Kupas 250 gr kentang, cuci bersih lalu kukus hingga matang, angkat. Selagi hangat, lumatkan hingga halus
2. Campur kentang halus dengan 1 sdm mentega/margarin, 1 kuning telur, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, 1/8 sdt pala bubuk dan 50 gr keju cheddar parut. Aduk rata.
3. Ambil 1 sdm adonaBoldn, bentuk bulat lonjong, lumuri dengan terigu lalu celupkan ke dalam 1 butir telur kocok. Gulingkan ke dalam tepung panir.
4. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan. Goreng kroket deang api sedang hingga berwarna kekuningan, angkat, tiriskan.

resep : terinspirasi dari Primarasa - Lunch Box, Lezat & Praktis.

Comments

Nisa-mom said…
Mba Van, itu tromol nya lucuuu.. sukaa banget dari pada plastik2. Trus itu kukis kecil2 nya bikin kangen, foto as always .. KEREEEN..
Vania said…
Iya Mbak Fit, unik ya-mana bisa disusun lagi... made in India :))
Kukis, kemaren itu mamaku bilang kalo zaman dia masih kecil pun kukis itu udah ada. Pdhl mamaku kecilnya di kampuuuung.
Thanks Mbak Fit, nyempetin mampir.
Tuty said…
Iya tuh Van, India kan tromel susun stainless steelnya bagus2 ... mereka punya system delivery yg unik juga ya.

As always, fotomu bagus2 banget.
Kris said…
Mba Van,
Aku sukaa banget ngintip blognya juga resep2 praktisnya, heheh...semalam bikin adonan kroket keju trs td pagi digoreng buat bekal anakku yang sekolah playgroup. Suka lho dia, ibunya juga suka...ngejuu banget. Thx for sharing..
mae said…
Doooh... beneran seger nih mata klo mampir sini deh...

Madu mongso itu olahan tape ketan hitam mbak ( peyem ). Nah tapenya dimasak lagi dengan santan yg sangat kental + gula jawa. Dimasak lamaaaaa bgt sampai berubah jadi jenang yg manis, legit dan berminyak. Nah jenang dari tape ini disebut madu mongso mbak. Kalau di p. jawa udah jadi salah satu kudapan tradisional. Biasanya sering muncul kalo lebaran.

Fan portable tu apa ya mbak ?? hehe gentian jelasin :)
nice posting.....
Ike Hermawan said…
adu du duuuuh...foto2nyah bagus sekaleeee....*pingsan*
The Bargowo said…
whuuaaa,
resep kroket kejunya nyontek ya :)
tengkyuu
Sofie said…
tempat makannya lucuuu...
foto2nya selalu bikin ngilerrr deh mba
aimee said…
aku baru mampir ke sini dan langsung jatuh cinta sama blog ini... mau sering-sering mampir aahhh :D

suka banget sama postingan yang ini... coba dulu mamaku juga bekelin ini...
Lam kenal mbak.. apa kabar? silahkan ke blog saya yahh..
http://orgbujang.blogspot.com

10Q
tea_ya said…
mbak.....salam kenal sekalian minta ijin mencoba resep kroket-nya ya. terimakasih
I think you will break my diet plan. I am on diet but you have posted pictures of yummy food. I can't resist it.
ina said…
naksir tempet bekalnyaaaaa ;)