Chicken Stroganoff ala SunnyGold.

Developing Recipe (mengolah resep) belakangan ini benar-benar menjadi hal cukup menarik di dapur saya. Betapa tidak, mulai dari aneka buah, minuman hingga aneka makanan saya olah hingga 'naik kelas' baik dari segi rasa maupun tampilannya. Selalu menjadi hal yang sangat menarik ketika makanan yang cukup populer di meja makan kami, saya olah dengan aneka bahan dan bumbu tambahan, dan kemudian menjadi makanan lengkap gizi dan keluarlah pertanyaan,'Ma, kapan masak seperti ini lagi'. Wah banget rasanya!
Minggu ini saya membuat satu masakan baru, yang langsung nge-hits di rumah. Sebagai seorang ibu, saya tahu benar selera makan suami dan kedua anak kami. Yang satu flexible, yang satu lebih memilih pasta atau roti daripada nasi, yang satu lagi selalu merasa tidak lengkap tanpa nasi dan ayam! Makanan dengan kaya rasa tapi tidak terlalu pedas juga disertai creamy sauce selalu jadi favorit.
Kali ini saya mengolah Chicken Karage dari SunnyGold menjadi satu sajian lengkap, yaitu Chicken Stroganoff.

Berkenalan dengan Stroganoff.
Sebagian orang mungkin belum terlalu familiar dengan menu Beef/Chicken Stroganoff.
Stroganoff adalah masakan khas Rusia yang telah mendunia, seperti halnya Spaghetti with Meat Sauce (Italy) ataupun Fish & Chips (UK). Tidak mengherankan, kepopulerannya yang melampau batas geografis dan kuliner, melahirkan Stroganoff dengan beragam adaptasi lokal bahkan ada yang menggunakan udang ataupun soy sauce. Sesuatu yang sebenarnya sangat jauh dari versi awal Stroganoff yang tertulis dalam resep original pada tahun 1871 pada buku resep A Gift of Young Housewives yang menuliskan bahwa Stroganoff adalah tumisan potongan daging (berbentuk kotak) yang dilapisi tepung, dimasak dengan saus yang terbuat dari mustard, kaldu dan sedikit krim asam (sour cream). Jadi tidak ada tomat, jamur maupun bawang. Sekarang ini Chicken Stroganoff menjadi menu yang cukup populer di dunia kuliner.
Nah, tetapi karena sudah lumrah dan tidak salah membuat variasi masakan sesuai dengan 'isi kulkas' dan selera lidah penikmatnya, maka kali ini saya memutuskan membuat Chicken Stroganoff lengkap dengan sayuran dan pasta sebagai sumber karbohidrat. One-dish-meal yang cukup lengkap nutrisi.
Untuk ayam, saya rasa tidak perlu berepot-repot dengan urusan membersihkan ayam mentah dan melumuri dengan bumbu dan tepung, karena saya memilih memakai Chicken Karage dari SunnyGold. Tekstur dan rasa yang saya dapatkan sangat sesuai dengan yang saya harapkan.
Jadi selain menggoreng Chicken Karage SunnyGold sesuai petunjuk di kemasan saya tinggal menyiapkan saus Stroganoff dan merebus pasta. Praktis sekali kan.

Satu hal yang membahagiakan itu adalah persiapan dan proses memasak yang relatif mudah dan praktis, dengan hasil masakan yang sangat lezat dan disukai suami dan anak-anak saya.

Chicken Stroganoff
Untuk 4 porsi.
Bahan :
1 pack Chicken Karage SunnyGold beku
2 sdm unsalted butter
1 bawang bombay, cincang kasar
1 buah paprika hijau, potong kotak
150 gram jamur champignon, iris tipis
100 gram tomat cherry, iris memanjang 2-4 potong
300 ml kaldu ayam
2 sdm tomat pasta
2 sdm terigu
50ml sour cream atau yogurt tawar
1 sdt garam
1/2 sdt merica.
225 gram Pasta Fusilli

Taburan :
Peterseli cincang
Keju Parmesan

Cara Membuat :
1. Rebus pasta fusilli hingga al dente atau sesuai petunjuk kemasan, tiriskan. Sisihkan.
2. Goreng Chicken Karage SunnyGold hingga matang, lihat petunjuk pada kemasan. Tiriskan. Iris 2-3 bagian tiap potongnya.
3. Panaskan butter di atas api sedang dalam panci yang cukup besar, tambahkan cacahan bawang bombay dan biarkan hingga matang (mulai transparan).
4. Tambahkan potongan jamur campignon dan potongan paprika, sesekali aduk hingga cukup matang merata.
5. Tambahkan kaldu ayam, tomat dan tomat pasta, aduk rata dan biarkan hingga mendidih.
6. Tuangkan terigu yang telah diencerkan dengan sedikit air, aduk rata dan saus mulai mengental. Aduk sesekali, dan biarkan mendidih selama 1-2 menit. Matikan api.
7. Penyajian : siapkan 4 piring saji, letakkan pasta yang telah direbus di atasnya. Atur Chicken Karage yang telah diiris di atasnya, kemudian tuangkan saus Stroganoff. Taburi dengan peterseli cincang dan keju parmesan di atasnya. Sajikan.
Nah, dari cara pembuatannya yang mudah dan hasil masakan yang sangat lezat, saya sangat merekomendasikan resep ini. Chicken Karage memperkaya tekstur masakan ini ketika dikombinasikan dengan pasta yang lembut dan saus yang creamy. Masakan ini benar-benar ngehits di rumah kami dan saya berjanji akan cukup sering membuatnya. Cobain deh!

Produk-produk SunnyGold cukup banyak, tidak cuma Chicken Karage lho. Ada berbagai jenis makanan beku yaitu Chicken Stick, Chicken Nugget, Chicken Tempura, Chicken Drumstick, Chicken Wings, Tulip Wings, Crunchy Crunch (kulit ayam goreng) juga Variants Pack yang berisi campuran antara Chicken Nugget dan Chicken Stick. Produk aneka Sosis Ayam pun diproduksi oleh PT Malindo Food Delight, yang memproduksi produk-produk SunnyGold juga Ciki Wiki dan Sobat. 
SunnyGold merupakan produk olahan berbasis ayam yang terbuat dari daging ayam segar pilihan, diproduksi menggunakan mesin berteknologi modern, sangat higienis, juga kaya protein dengn cita rasa lezat.
Buat Teman-teman yang senang utak-atik resep, yuk ikutan lomba membuat #KreasiSunnyGold yang diadakan oleh SunnyGold. Caranya tidak sulit sama sekali dan hadiahnya sangat menarik. 
Silahkan Cek Instagram SunnyGold di @sunnygoldid atau di FanPage FB https://www.facebook.com/sunnygoldID/

Nah sedikit inspirasi yang saya dapatkan saat acara Gathering bersama SunnyGold adalah beberapa menu yang disajikan menggunakan produk SunnyGold itu, semua tersaji cantik dan rasanya lezat. 


Cakep-cakep kan? Sebenarnya ada beberapa menu lain yang tersaji, sayang saya gak sempat memotret karena keburu dilahap habis; ada Nasi Kuning Kecombrang & Deep Fried Chicken yang gurih, Chicken Karage with Thai Mango Sauce, Sausage with Bacon  Mushroom Sauce, dan beberapa menu menarik lainnya. Semua enak banget!

Yuk, Teman-Teman... ramai-ramai kita olah produk SunnyGold dan ikutan #KreasiSunnyGold.

Comments