#JadiBisa Memilih Hotel Sesuai 'Travel Style'.

Seperti halnya kepribadian yang berbeda pada setiap insan, maka 'travel style' atau 'gaya perjalanan' pada tiap orang pun tentu akan berbeda-beda.
Ada yang senang menikmati pemandangan alam, sebagian lainnya yang lebih suka blusukan di antara lorong-lorong sesak perkotaan. Ada yang menikmati suasana tenang di antara desiran air laut, di sisi lain ada yang lebih menikmati naik turunnya adrenalin di antara guncangan roller coaster di Taman Hiburan.

Pemilihan jenis penginapan saat perjalanan pun menjadi topik menarik di antara para traveler. Ada yang senang menghabiskan waktunya dengan menikmati semaksimal mungkin fasilitas hotel berbintang, sementara sebagian lagi menganggap penginapan sebagai persinggahan untuk sekedar beristirahat melepas lelah setelah seharian menikmati kegiatan liburan. Karenanya, pemilihan penginapan pun akan berbeda tergantung pada 'travel style' masing-masing orang.


Sejak dulu saya sangat tertarik dengan arsitektur dan budaya di setiap tempat yang saya kunjungi dan hal ini tentu sangat mempengaruhi travel style yang terbentuk di benak saya. Saya sangat menikmati blusukan melihat keseharian masyarakat setempat sekaligus menikmati arsitektur kota tersebut.
Cukup beruntung suami saya bisa beradaptasi dengan kondisi ini.
Hadirnya anak-anak pun membuat kami makin bersemangat merencanakan berbagai perjalanan keluarga, yang selalu memberi banyak pelajaran yang tak ternilai harganya.
Karena sejak anak-anak berusia 2 bulan sudah saya ajak mengikuti perjalanan wisata, sebagai ibu sekaligus 'travel planner' keluarga, saya tentu mengerti sekali perbedaan antara traveling dengan anak kecil dan traveling dengan anak remaja. Di usia anak-anak saya saat ini (14 dan 17 tahun), perencanaan perjalanan menjadi semakin dinamis. Betapa tidak, hitungan pembiayaan perjalanan bukan lagi 2 dewasa dan 2 anak-anak, tetapi sekarang menjadi 4 dewasa! Tempat tujuan wisata pun semakin berwarna, karena kami pun harus mengakomodasi 'trend' wisata kekinian ala anak remaja dan tak perlu lagi memasukkan 'area bermain' dalam list yang perlu dihampiri. Nah, serukan!
Tiket pesawat tidak terlalu menjadi masalah, kami hanya perlu memilih penerbangan sesuai dengan budget dan schedule yang kami rencana (biasanya saya memilih penerbangan pagi untuk keberangkat dan penerbangan sore atau malam untuk kembali ke Jakarta). Budget airlines menjadi andalan kami, karena harus mengalokasikan dana untuk 4 orang dewasa.
Karena travel style kami yang senantiasa menikmati kota tujuan wisata semaksimal mungkin, maka budget hotel yang sesuai dengan standar menjadi pilihan. Toh kami tidak akan menghabiskan banyak waktu di hotel selain untuk beristirahat pada malam hari.
Dan tentu akan mubazir jika kami memilih hotel berbintang 4 atau 5 sebagai tempat menginap.

Berikut adalah persyaratan umum kami saat memilih hotel;
- Lokasinya tidak jauh dari stasiun kereta dalam kota serta mudah menjangkau alternatif transportasi umum lainnya.
- Hotel relatif bersih, terutama kamar dan kamar mandi.
- Bukan hotel tua yang tak terawat (karena khawatir berdebu).
- Lokasi hotel relatif aman, bukan daerah kriminal.
- Mudah mengakses tempat makan khas setempat, dengan harga terjangkau.
Foto perjalanan anak 'zaman now'.
Sangat menyenangkan, menyusuri sudut-sudut kota.
Apakah sulit mencari hotel di luar kota ataupun di luar negeri dengan persyaratan yang telah kami buat tersebut? Jawabannya, tidak. Tidak sulit sama sekali.

Dengan memanfaatkan aplikasi 'Traveloka' yang telah cukup lama saya download di handphone saya, maka saya dengan mudah 'berselancar' mencari penginapan yang sesuai dengan harapan kami, setelah sebelumnya saya memesan tiket penerbangan menggunakan aplikasi yang sama.
Nah, ini terjadi beberapa bulan yang lalu, sekarang ada kemudahan memilih kombinasi penerbangan dan hotel secara simultan. Ah... asyik sekali!
Berikut ini segala kelebihan yang saya nikmati dengan memesan kamar hotel di Singapore bulan Maret 2017 yang lalu, melalui Traveloka.

1. Aplikasi yang lengkap dan informatif.
Saya cukup duduk manis, membuka aplikasi Traveloka dan menekan tombol 'hotel'. 
Setelah pengisian data berupa kota tujuan, tanggal pemesanan serta lama menginap, jumlah tamu dan jumlah ruang kamar yang ingin di pesan, maka pencaharian pun dilakukan oleh Traveloka.

Karena jelas kami menginginkan budget hotel, maka tombol 'Budget' pada bagian atas pun menjadi pilihan. Maka keluarlah berbagai jenis budget hotel dengan beragam 'rate'/harga. List hotel yang ditawarkan cukup banyak dan beragam. Dari beberapa alternatif yang muncul, saya mulai memilah sesuai dengan budget yang ada. Tak lupa, saya melirik berbagai potongan harga yang ditawarkan, dan dengan mudah dapat membandingkan satu hotel dengan lainnya.
Tersedianya foto-foto hotel baik interior dan eksterior hotel pada aplikasi Traveloka, sangat membantu saya memilih hotel yang sesuai harapan kami.
Dari foto-foto tersebut sedikit banyak saya bisa menilai segi kebersihan serta perkiraan usia hotel, karena sedari awal saya menghindari hotel yang tidak terawat yang kemungkinan berdebu. Tentu tidak lucu kalau kami diserang flu karena kumatnya alergi debu selama berlibur.

Selain itu, peta lokasi yang tersedia sangat menolong saya memperkirakan jarak tempuh ke tempat tujuan wisata yang kami targetkan dan yang terutama akses terhadap transportasi publik. Dalam hal ini halte bis dan stasiun MRT harusnya cukup nyaman dicapai dengan berjalan kaki dari dan ke hotel.
Dari peta lokasi saya pun bisa memperkirakan kemungkinan ketersediaan makanan di sekitar hotel, terutama 'street food' dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini akan membantu saya memperkenalkan kuliner lokal pada anak-anak saya.
MRT Station. MRT (Mass Rapid Transit) adalah moda transportasi yang menjadi pilihan utama kami selama 'menjelajahi' Singapore. Maka memilih hotel yang cukup dekat dengan stasiun MRT adalah keharusan.

Cheese & Mushroom Paratha, masakan India yang cukup digemari anak-anak saya. Mudah ditemukan hanya beberapa meter dari hotel kami.

Masala Dosa +  Vada (kiri), Nasi Biryani + Ayam Tandoori, menu makanan India favorit kami.
Satu hal fitur yang tak kalah bermanfaat adalah adanya review dari tamu-tamu hotel yang pernah menginap di hotel tersebut. Untuk saya hal ini sedikit banyak memberi masukan yang jujur saat memilih hotel.
Akhirnya hotel pilihan saya jatuh pada Ruby Fragrance Hotel di daerah Geylang, yang cukup sesuai budget kami serta memenuhi segala yang kami butuhkan.

2. Proses pembayaran yang beragam dan mudah. 
Saat proses pemilihan hotel telah selesai, ternyata proses pembayaran pun tidak rumit sama sekali. Banyak alternatif yang tersedia, baik pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, maupun melalui ATM. Semuanya tercantum dengan jelas pada aplikasi Traveloka.
Saat itu saya membayar dengan kartu kredit secara online. 
Sejauh ini saya tidak pernah menemukan masalah pembayaran pemesanan hotel (maupun penerbangan) saat memesan melalui Traveloka. Hotel voucher segera saya terima tak lama setelah proses pembayaran selesai.

3. StayGuarantee. 
Ini adalah salah satu keunggulan dari pemesanan hotel melalui Traveloka. 
Apa sih Stay Guarantee? Ini adalah jaminan yang diberikan Traveloka, bahwa kita akan mendapatkan akomadasi sesuai dengan yang kita pesan. Jadi tidak akan ada masalah saat check-in.
Perlu diingat bahwa hal ini bukan berarti hotel yang telah kita pesan melalui Traveloka akan seenaknya menolak pesanan kita. Tidak demikian. Tetapi apabila hal ini terjadi, kita akan mudah mengklaim 'StayGuarantee' dengan mudah.
Kurang apa coba?
Orchard Road. Pusat perbelanjaan terpopuler. 
Raffles Hotel dibangun tahun 1887, salah satu bangunan bersejarah yang sangat terawat.
Kawasan pertokoan-perkantoran lama sekitar kawasan Geylang
Kawasan 'Little India' yang sarat tekstur dan warna.
Menyusuri arsitektur bersejarah, The Chijmes (kiri) dan Sultan Mosque di daerah Kampung Glam (kanan).
Rasanya, apapun travel style anda, Traveloka akan dapat mengakomodasi kebutuhan perjalanan anda.
Sejauh ini pemesanan hotel melalui Traveloka yang kami lakukan tidak pernah mengecewakan. 
Perjalanan liburan keluarga kami ke Singapore sangat menyenangkan. Hotel (juga penerbangan) tidak ada sedikit masalah pun. Liburan keluarga kami rasanya sangat maksimal, kami sangat menikmati kebersamaan keluarga tanpa harus menghadapi 'kerikil-kerikil' perjalanan.
Memperkenalkan sisi lain budaya di negara tetangga pada anak-anak kami berjalan mulus.
Terimakasih Traveloka.

Comments

dian nafi said…
selamat yaaaa
Vania said…
Terima kasih🙏🏻
Unknown said…
selamat ya
This comment has been removed by a blog administrator.
pengumumuan kontes blog traveloka membawaku kemari,, selamat ya mbak,, tulisannya memang bagus dan pantas untuk menang, saya banyak belajar dari blog mbak ini, ternyata yg masih blogspot bisa jd juara, juara 1 lagi, saya yg masih blogspot juga jd lebih semangat semangat semangat untuk rajin menulis.. :)
Vania said…
Terima kasih ya🙏🏻🙏🏻
Vania said…
Makasih ya.

Saya ngeblog sejak 2005, tetap pake blogspot😀😀
Enjoy aja, yang penting kualitas content-nya... dan mudah2 bisa berguna buat pembacanya.
Vania said…
Thank you🙏🏻
alifandofla said…
selamat ya keren banget