Mendadak Bahagia Bersama AirAsia

Setiap perjalanan selalu menyisakan kenangan dan pelajaran yang tak ternilai harganya. Kebersamaan selama liburan beberapa hari, selalu memberi banyak manfaat bagi setiap anggota keluarga. Belajar disiplin waktu, melepas ego untuk saling membahagiakan, hingga belajar beradaptasi dengan budaya setempat.

Mahal? Liburan tidak berarti menguras isi tabungan... 
Menyusuri barisan pertokoan tua yang cantik dan sangat terawat di sekitar Hutton Street dan Nagor Street tak jauh dari Tune Hotel tempat kami menginap, rehat sejenak di bangku taman-taman kota yang asri di George Town, menikmati kelezatan Nasi Kandar khas Negeri Jiran (dan aneka makanan lokal setempat), belanja aneka bumbu di Little India, hingga mengunjungi berbagai objek wisata alam serta aneka museum setempat menjadi kenangan bahagia selama perjalanan kami sekeluarga di Penang, pertengahan 2018 lalu. 

Seyogianya setiap perjalanan liburan direncanakan dengan baik, jauh-jauh hari. Tiket pesawat idealnya dipesan beberapa bulan sebelumnya, demi mendapatkan harga terbaik. 
Sayangnya kondisi ideal tersebut seringkali tidak berlaku bagi keluarga kami. Menyatukan jadwal liburan empat orang dengan kesibukan yang tidak sejalan bukanlah perkara mudah. 

Mendadak Liburan Bahagia
... flash back.
Semester pertama di tahun 2018 adalah setengah tahun yang begitu sibuk untuk kami sekeluarga. Kedua anak saya harus menghadari berbagai test kelulusan dari SMP dan SMA serta test untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Kami disibukkan dengan setumpuk formulir pendaftaran dan urusan pembayaran sekolah di antara kesibukan pekerjaan. Lelah, butuh liburan tapi seolah tidak ada waktu untuk berburu tiket pesawat, bahkan untuk merencanakan liburan. 
Sesaat setelah acara wisuda di awal bulan Juni ...cling! terbayangkan bahwa di masa jeda menanti pengumuman penerimaan mahasiswa baru, tentu akan mengasyikkan bila diisi dengan liburan keluarga.

Maka dimulailah pencarian tiket pesawat.
Sebagai travel planner andalan keluarga, pilihan tujuan liburan sudah tersimpan dalam bucket list di kepala saya. Untuk liburan pendek, Penang sudah berada pada list teratas.

Satu setengah tahun yang lalu, melalui sebuah apps pemesanan tiket online, saya berselancar membandingkan beberapa maskapai udara yang menyediakan penerbangan tujuan Penang. 
Harga terjangkau, jadwal penerbangan yang nyaman & reputasi maskapai udara menjadi tiga hal utama yang menjadi bahan pertimbangan saya saat memilih penerbangan untuk kami sekeluarga.
Harga terjangkau sebenarnya sifatnya subjektif. Tergantung kantong masing-masing saja. Tapi yang menjadi highlight, saya harus booking tiket pulang-pergi untuk 4 orang dewasa! Ini liburan keluarga, no one left behind... Jadi pertimbangan harga menjadi hal yang penting. 
Jadwal yang nyaman adalah jadwal penerbangan yang tidak membuat kami kelelahan karena berangkat terlalu subuh ataupun terlalu malam. Biasanya saya memilih jadwal keberangkatan pagi hari, sehingga masih ada cukup waktu untuk menikmati tempat tujuan dan penerbangan sore saat kembali ke Jakarta agar paginya masih bisa dimanfaatkan untuk mengekspore kota tempat berlibur.

Beberapa maskapai udara memiliki reputasi yang mengharuskan saya mencoret dari daftar kelayakan demi kenyamanan dan keselamatan kami. Ada yang langganan delay, juga yang kurang memperhatikan keselamatan penumpang. Liburan jangan dibikin susah dengan hal-hal semacam itu.

Ternyata tidak sulit menemukan tiket yang cukup terjangkau.
Ketiga kriteria di atas langsung terpenuhi oleh maskapai ... AirAsia!

Bayangkan hanya 2 minggu sebelum keberangkatan saya bisa mendapatkan tiket 'murah' untuk 4 orang, sekaligus satu paket dengan hotel untuk menginap selama 4 malam. Tidak ada alasan untuk tidak bahagia memandangi E-Ticket di inbox email saya.
Rasanya ajaib, ...  9,5 juta rupiah saya bayarkan untuk penerbangan Jakarta - Penang PP, serta penginapan selama 5 hari 4 malam. Bukan untuk 1 orang tapi untuk kami sekeluarga, 4 orang!

Beruntung memilih paket pemesanan tiket dan hotel sekaligus. Tune Hotel yang seringkali memberi harga khusus bagi pemesan penerbangan dengan AirAsia pun cukup nyaman untuk kami sekeluarga.
Menggunakan maskapai AirAsia bukanlah pertama kali untuk kami. Seingat saya pertama kali saya menggunakannya pada tahun 2008, untuk penerbangan Jakarta-KL. Reputasi maskapai ini sangat baik.
Menjadi maskapai low-cost yang telah memenangkan penghargaan sebagai World’s Best Low-Cost Airline dari Skytrax selama 11 tahun berturut-turut memang merupakan pencapaian yang sangat pantas bagi AirAsia.
Komitmen untuk memberi pelayanan terbaik serta pengalaman terbang yang bahagia bagi pelanggannya sangat terasa sejak proses pembelian tiket.

Ternyata tidak sampai di situ, proses check in pun cukup mudah.
Sebenarnya ada beberapa alternatif check in yang disediakan AirAsia, yaitu melalui Web Check-In, AirAsia Mobil Apps juga melalui Kios Check-In yang tersedia di Bandara.
Karena kami telah berada di Bandara, maka pilihan self check-in di Kios Check-In AirAsia menjadi pilihan kami. Mudah dan cepat. Nyaris tanpa antrian.

Berikut sedikit informasi bagi teman-teman yang ingin melakukan self check-in di Kios Check-In Bandara; (pastikan tiket elektronik dan paspor ada di tangan anda ya).
1. Pilih opsi check-in.
2. Masukkan enam digit nomor booking atau scan barcode yang tertera pada tiket elektronik.
3. Tunggu hingga layar menampilkan nama calon penumpang.
4. Pastikan informasi yang tertera di layar sudah benar. Setelah itu, centang nama yang dimunculkan untuk melanjutkan proses pencetakan boarding pass.
5. Tekan tombol print untuk mencetak boarding pass
Proses self check-in pun selesai.

Dua setengah jam pernerbangan Jakarta-Penang maupun Penang-Jakarta menjadi perjalanan yang menyenangkan. Tidak ada drama delay, perubahan schedule maupun masalah seat.

Yang cukup menarik adalah menu 'Santan' yang tersedia di atas pesawat. Saya yang biasanya hilang nafsu dengan menu di atas pesawat, cukup terpesona dengan aneka menu hangat yang tersedia.
Menu ini dapat diorder melalui website AirAsia paling lambat 24 jam sebelum jam keberangkatan.
Sungguh saya sangat terpana dengan tersedianya Nasi Padang hangat yang cukup kumplit. Bayangkan, makan nasi padang di pesawat!
Ternyata menu Nasi Ayam Uncle Chin pesanan anak saya tidak kalah menggoda, aromatik Chinese Malay style Chicken Rice tersebut pun disajikan hangat. Salut untuk ide inovatif menu Santan yang disediakan pada penerbangan AirAsia. Benar-benar out of the box.

Landing di Penang setelah penerbangan asyik yang cukup smooth...
Tidak ada sedikitpun masalah dengan proses baggage claim. Kami pun meninggalkan bandara menuju hotel. Saya melihat sinar kebahagiaan di mata anak-anak. Sebuah awal perjalanan yang menyenangkan
Yey... mendadak liburan, mendadak bahagia!

Kenapa Penang?
'Siapa yang sakit? siapa yang mau berobat?'
Untuk sebagian orang, Penang identik dengan 'berobat' atau 'check up kesehatan'.
Thank God, kami dalam kondisi sehat sehingga kami ke Penang adalah 100% untuk liburan yang artinya merajut kenangan indah serta belajar banyak hal baru.
Penang adalah state/propinsi di bagian barat laut Malaysia. State ini sebenarnya terdiri dari dua bagian, yaitu Pulau Penang dan bagian yang berada di mainland Semenanjung Malaka.
Kali ini kami menghabiskan liburan pendek di Pulau Penang.

Apa keistimewaannya hingga saya memilih Penang untuk liburan keluarga?
Yang pasti saya yakin bahwa kami terutama anak-anak akan mendapat banyak pengalaman baru di sini.

Penang dikenal sebagai 'ibukota kuliner' Malaysia. Berbagai makanan khas Malaysia dari berbagai etnis dapat ditemukan di sini. Dari masakan melayu, chinese food, indian food hingga hidangan peranakan ada di sini. Jadi mampir di sini artinya kami berkesempatan menikmati aneka menu lokal yang lengkap.
Seru, lidah kami benar-benar menari... paginya kami sarapan Hainan Rice, makan siang Nasi Kandar khas Melayu dan makan malam Masala Dosai khas India. Semua enak!





Penang adalah sumber inspirasi, sebuah kota kreatif dengan segala inovasinya. Saya terkagum-kagum dengan ide-ide segar yang dilahirkan. Lihat saja berapa jumlah 'private' museum (bukan museum yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah) yang hadir di sana. Kami sempat mengunjungi Wonderfood Museum, Asia Camera Museum dan Chocolate Museum. Sangat menarik dan atraktif. Semua dikelola dengan sangat baik.


Belum lagi aneka mural keren yang hadir di lorong-lorong sempit yang kemudian menjadi objek wisata dengan antrian turis yang ingin berfoto di sana. Mural yang sebenarnya cukup simple (tetapi penuh makna) bisa membuat anak-anak milenial rela antri untuk berfoto!




Penang kaya akan sejarah dan merawatnya dengan baik!
Adalah Georgetown, ibukota Pulau Penang pada tahun 2008 telah ditetapkan sebagai Unesco World Heritage Site.
Ada banyak pelajaran sejarah di kota ini. Bangunan-bangunan tua bersejarah terawat dengan baik, tampil cantik dan mendapat perhatian luar biasa dari pemerintah setempat. Sangat jarang melihat bangunan bersejarah terlantar di sini.
Tour guide berpengalaman dan sangat ramah siap memberi informasi menarik tentang kota kecil ini.



Penang tak pernah berhenti berkembang.
Warganya berhasil bangkit dari berbagai cerita masa lalu termasuk dari trauma efek tsunami 2004 silam.  Kota ini terus berinovasi, dengan sangat terukur dan tidak membabi buta. Semua dibangun dengan perhitungan matang serta memperhatikan dampak terhadap lingkungan. Kami menikmati hiking ringan di The Habitat sekitar Bukit Bendera... dan menemukan Curtis Crest yang baru dibangun dengan perhatian extra pada lingkungan alamnya.
Sebuah pelajaran penting yang mudah-mudahan menjadi bekal untuk anak-anak.


Penang adalah destinasi menarik untuk liburan keluarga. Kotanya sangat nyaman, berbudaya, family friendly, ramah, bersih, ditambah kekayaan kuliner yang sangat variatif.
Penerbangan AirAsia adalah pilihan terbaik untuk mewujudkan setiap liburan keluarga. Jadi, mari merayakan momen kebersamaan keluarga dengan liburan terencana bersama AirAsia.

Untuk rencana liburan mendatang, seperti biasa... dengan waktu yang mepet ini saya baru saja memesan tiket liburan, kembali bersama AirAsia kami akan menikmati liburan berikutnya.
Menggunakan Air Asia Mobile Apps, pemesanan tiket menjadi jauh lebih ringkas dan cepat... yang menarik tentu kita dengan mudah membandingkan harga dari hari ke hari, sehingga mudah memperoleh harga paling kompetitif!




Selamat menyambut liburan Tahun Baru...
Mari turut berbahagia bersama AirAsia!

Comments

deddyhuang.com said…
penang juara deh soal kuliner ya :D
Vania said…
Ko Deddy,
selain kuliner, preservasi & konservasi bangunan serta kreatifitasnya juga juara.
idawh said…
Mantabb deh rendezvousnya. Ikut seneng juga menikmati tulisan perjalanannya. Info menarik juga layak dicoba terbang bersama Air Asia murah banget ya buat liburan keluarga. Thanks a lot Mbak tulisannya. Great.