Cake Putih Telur

Yay... lets back to the real bussiness.
Postingan kali ini ada resepnya! :D. Cake Putih Telur.
Sebenarnya ini gak tipe sy banget. Memisahkan putih & kuning telur dan tidak menggunakan semuanya. No-no-no! Biasanya sy akan mengambil jalan tengah. Misalnya resep pake 3 kuning telur dan 5 putih telur, sy akan pake 4 telur utuh. Fair kan :D. Cuma kali ini sy dpt kiriman 1 container putih telur dari seorang temen baek yg sering dpt pesenan bikin lapis legit. Ha..ha.. bisa dibayangkan betapa byk putih telur yg dihasilkan :).
Stelah ngubek2 tumpukan resep... saya putuskan buat cake ini. *Seharusnya pake kismis, saya ganti pake chocolate chips. Alasannya, Patrick gak suka kismis. Dan sy gak suka liatin dia nyabut2 kismis dari cake...
~Resep: dari potongan majalah femina lama.

Cake Putih Telur 1

350 ml putih telur ayam
250 gr gula pasir
3 kuning telur ayam, kocok hingga putih
250 gr tepung terigu
3 sdm susu cair
225 gr mentega, lelehkan
2 sdm rum (bisa ditiadakan)
1/2 sdt vanili bubuk
Isi, aduk rata *
75 gr sukade, potong dadu 1/2 cm
50 gr manisan cherry merah, potong 1x1 cm
50 gr manisan cherry hijau, potong 1x1 cm
125 gr sultana, cincang kasar
1 sdm tepung terigu

Cake putih telur

1. Siapkan loyang diameter 24 cm dan tinggi 10 cm atau bervolume 2.2 liter. Semir margarine dan taburi tepung terigu. Sisihkan.
2. Kocok putih telur hingga berbuih. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil kocok terus hingga putih telur kaku.
3. Masukkan kuning telur, aduk rata.
4. Tambahikan tepung terigu sedikit-sedikit sambil aduk rata dengan spatula.
5. Tuangkan susu cair, mentega leleh, rum dan vanili. Aduk rata.
6. Tambakna campuran manisan buah, aduk searah hingga rata.
7. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan.
8. Panggang dalam oven panas 180 C selama 40 menit hingga mengembang dan matang. Angkat, biarkan uapnya hilang.
9. Kaluarkan kue dari loyang, dinginkan. Potong2, sajikan.

Comments

Unknown said…
Mbak Vania, di rumah putih telur juga segambreng, sisa dari bikin lapis surabaya...resep ini sayang masih pake kuning telur ya...aku dah desperado nih mo diapain lagi nih putih telur seabrek-abrek..bikin kukis kok males....masih pake otang klo bikin lidah kucing lama...kemaren dah bikin cup cakes, pengen nyoba resep lain nih.

Anyway, thanks for sharing ya.
Unknown said…
mba vania, salam kenal. izin copas resepnya yach. Aku seneng deh berlama2 mandangin foto2 hasil jepretan mba. izin aku link blognya yach mba.
Thanks
cindy said…
pas lagi nyari resep play dough, nggak sengaja nyasar ke blognya mbak vania...iseng mbaca eh..malah keasyikan..he..he..abis foto2nya keren abis n ceritanya asyik...salam kenal..
infogue said…
artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!
Anonymous said…
Hi Vania,

Your "Cake Putih Telur" look delicious, Can convert the recipe to english? My email is stay@odysseyre.com

Thanks & Regards
Sally
jemiro said…
saya pikir putih telur cuma buat bikin permen, ternyata bisa jugha bikin kue yang enak kaya gini yah :) wah, makasih nih infonya :)
saya laporan ah sama mama :)