Menikmati Seafood Kaya Rempah di Jamuan Samudra

Sebagai penggemar seafood sejati, menikmati beragam seafood kualitas terbaik yang diolah dengan seksama menggunakan aneka rempah wangi, ...maka rasanya saya berada di hari terbaik dalam hidup saya. hahaa...



Hari Minggu, 12 November 2016 lalu, bersama dengan belasan Bloggers, saya menghadiri acara Blogger Gathering, yang diisi dengan acara Talkshow serta makan siang bersama di 'Jamuan Samudra', sebuah restoran seafood yang terletak di bilangan Jakarta Selatan.

Ditemani rintik hujan, saya tiba di lokasi, yang ternyata tidak terlalu sulit ditemukan.
Terletak di Jl. Prof. Joko Sutono 12, Pertogogan, Jakarta Selatan, menjadikan tempat ini cukup mudah dijangkau di tengah hirukpikuk Jakarta.

Memasuki bagian dalam restoran, ...
wah hangat dan menyenangkan, sangat terasa kentalnya interior bernuansa khas Indonesia. Hiasan ukiran tradisional, lembar-lembar kain batik yang dipajang dengan apik, serta piguran perairan laut Nusantara yang dipajang di dinding restoran membuat pengunjung kembali menikmati nostalgia masa lalu ihwal nenek moyang kita yang adalah pelaut tangguh. Suasana yang sangat 'rumahan' membuat saya merasa nyaman bertemu teman-teman Bloggers dan menikmati makan siang bersama.
Kita tunda dulu acara 'icip-icip sampai kekenyangan' dan mari menikmati acara talkshow ringan.
Di sebuat space yang cukup nyaman, acara talkshop diselenggarakan atas kerjasama MB Communication dan Jamuan Samudra. Obrolan santai tentang keberadaan Restoran Jamuan Samudra, konsep serta menu seafood andalannya, dan ditutup dengan kehadian Mas Bayu 'Epicurina', FoodBlogger yang sebelumnya base di Bali dan kita sudah kembali ke Ibukota.
Pembahasan tentang 'Indonesian Street Food' atau bahasa kerennya 'Makanan Kaki Lima Indonesia' menjadi bahan yang cukup menarik.
Bahasan 'Mencari Citarasa Indonesia di Jalanan', hingga 'Street Food naik kelas' diceritakan dengan alur cantik ala Mas Bayu.
Diiringi perut yang mulai keroncongan, kami pun mulai berkenalan dengan aneka sajian khas nusantara ala Jamuan Samudra. Barisan masakan hangat yang begitu menggoda tersaji di meja panjang.

Nah keunggulan seafood di Jamuan Samudra selain kualitasnya yang sangat baik, adalah
penggunaan rempah-rempah yang sangat harmonis dan proses pemasakannya yang dilakukan dengan teknik yang sangat baik oleh para profesional Chef di Restoran tersebut.

Kepiting Asap Lada Hitam, ini adalah menu pertama yang saya coba, masakan ini amat-sangat lezat. Percayalah bukan karena saya lapar banget maka sajian ini kelezatannya menjadi berlipat ganda. Saya yakin proses pembuatannya, sejak pemilihan bahan hingga disajikan, semua dilakukan dengan dedikasi tinggi.

Kepiting Bakaun (Scyla Serrata) yang masih hidup dipilih Jamuan Samudra dari budidaya Petani Papua. Daging Kepiting jenis ini memiliki daging yang cukup tebal, lembut dan gurih saat dinikmati.
Kepiting Jantan Asap
Yang sangat menarik adalah fakta bahwa kepiting yang disajikan di Jamuan Samudra dipastikan mengikuti standart Peraturan Mentri Kelautan dan Perikanan tentang penangkapan lobster , kepiting dan rajungan, khususnya terkait dengan ukuran berat yang boleh ditangkap dan diperjualbelikan.
Karenanya Jamuan Samudra hanya menyajikan menu kepiting dengan ukuran standart minimum 500gr/ekor.
Bawal Bintang Bakar Bumbu Kuning.
Ikan Bakar lezat dengan aroma rempah wangi khas Indonesia ini ikannya berasal dari budidaya laut Kepulauan Batam dan Riau. Rahasia kelezatan nya ada pada penggunaan 32 jenis rempah-rempah sebagai bahan dasar pembakarannya, dan untuk mendapatkan rasa ikan yang begitu meresap, dilakukan sekurang-kurangnya 8 kali pengolesan bumbu rempah selama proses pembakarannya.

Satu hal yang sangat menarik adalah keyakinan bahwa kekuatan utama memasak seafood bukan pada proses fast cooking maupun slowcooking tetapi bagaimana menghasilkan seafood dengan bumbu rempah yang kuat dan meresap dengan baik.



Cumi Telur Asin 
Menu ini memang enak sekali dinikmati bersama nasi putih. Rasanya begitu pas, tidak ke asinan dan tekstur cumi-nya pun cukup lembut, tidak 'alot'. Kalau selama ini saya selalu terpaku dengan hidangan cumi goreng tepung, maka hidangan ini membuka mata saya akan keragaman cara penyajian masakan seafood.
Udang Jumbo Bakar.
Menyantap udang ini, benar-benar membuat lidah menari. Ukurannya yg cukup besar membuat saya tidak kesulitan melepas bagian kulitnya yang sebenarnya cukup garing.

Seperti masakan seafood sebelumnya, udang bakar ini memiliki rasa rempah yang meresap dengan baik setelah melalui proses pembakaran yang penuh perhitungan.

Sayur Daun Dewa (Gynura Divaricata)
Sebenarnya saya tidak terlalu familiar dengan hidangan satu ini, surprisingly rasanya sangat lezat, setidak-tidaknya sangat bersahabat dengan lidah saya. Ternyata sayur ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Kandungan zat klorofil yang terdapat pada sayuran hijau ini tentu sangat baik untuk kesehatan, selain dapat menghilangkan flek pada wajah, serta mengobati rematik dan stroke.

Untuk pengunjung yang mengkhawatirkan naiknya kadar kolesterol akibat mengkonsumsi seafood, disarankan untuk mengkonsumsi air jeruk nipis hangat maupun dingin, yang dapat dikombinasikan dengan mengkonsumsi air kelapa muda untuk membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh. Untuk itu Jamuan Samudra menyediakan minuman Jeruk Kelapa yang menyegarkan dan penuh manfaat.

Saya bersama beberapa rekan bloggers sangat menikmati seluruh sajian seafood Jamuan Samudra, dan sajian-sajian tersebut benar-benar makin membuka mata saya akan kekayaan laut dan rempah Indonesia.
Semoga kita semua semakin menghargai kekayaan negeri ini dan memanfaatkannya secara positif.

Nah, buat Teman-teman yang mencari seafood enak di daerah Jakarta Selatan, silahkan mampir ke Jamuan Samudra, dengan lokasi yang mudah dijangkau, makanan yang lezat serta suasana restoran yang homey.
Tersedia juga dua meeting room dengan kapasitas hingga 150 orang, dilengkapi dengan fasilitas wifi.

Terima Kasih untuk Jamuan Samudra dan MB Communication yang telah menyelenggarakan acara Blogger Gathering yang sangat menarik dan bermanfaat ini.

Comments

MIMU SEKARJOHO said…
Gmana cara pesannya..
Vania said…
Ini Restoran, Bro.
Silahkan mampir ke Jl. Prof. Joko Sutono 12, Pertogogan, Jakarta Selatan.
Unknown said…
Tempat nyaman dan masakannya kayaknya enak banget.... pengennnn...
Suarabaaya belum ada iya
Unknown said…
Mantap
Unknown said…
Mantap brow
Unknown said…
Mancap lezat
Unknown said…
Ajib..
Unknown said…
Sippp
Unknown said…
Mastrab.....
Unknown said…
Mantap
Unknown said…
Maknyus
Anonymous said…
Waw
Unknown said…
Sae sae mantap
Unknown said…
Ajib kelitanya