ROTI Sobek

This is our FIRST homemade bread! Real bread maksudnya, jd gak termasuk Banana Bread. hah, siapa sangka akhirnya sy bisa bikin roti. Bikinnya gak sesulit apa yg sy bayangkan sebelumnya, bahwa bikin roti itu terdiri dari tahap2 yg rumit dan lama. Ternyata... tidak juga. Campur bahan2, trus diuleni (ini dia big job-nya, nguleni pake tangan bo!). Udah itu dibiarin mengembang, trus dibentuk plus diisi~sesuai selera... trus dibiarin bentar, dipanggang... dan eng-ing-eng... rumah akan wangi, serasa di bakery! Sy emang lg termotivasi bikin roti2an, krn anak2 lg doyan2nya makan. Jd sy merasa perlu selalu nyediain homemade snack di rumah. Tapi kemaren malam, roti sobek ini dijadikan dinner ama anak2.
Source: "Roti" by Manfred Lange & Bogasari Baking Center, dari posting mailist NCC.
Image hosting by Photobucket
600 gr tepung terigu protein tinggi
400 gr tepung terigu serbaguna
250 gr gula pasir
40 gr susu bubuk
35 gr ragi instan
15 gr garam
150 gr telur
370 ml air
140 gr margarin

1. Campur tepung, gula, susu, ragi dan garam, aduk semua bahan sampai tercampur rata. Tambahkan telur, air dan margarin, uleni hingga kalis.
2. Biarkan adonan selama 30 menit sampai mengembang. Kempiskan adonan, bentuk memanjang agar mudah dipotong-potong.
3. Potong-potong adonan dan timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan lagi selama 10 menit. Buang gas dengan cara mengempiskan adonan, lalu isi sesuai selera dan buat dalam berbagai bentuk. Lakukan sampai adonan habis.
4. Letakkan satu persatu adonan ke dalam loyang bundar bergaris tengah 20 cm yang telah diolesi margarin hingga loyang penuh. Biarkan sampai mengembang selama 60-90 menit. Olesi permukaan adonan dengan kuning telur.
Image hosting by Photobucket
5. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan, panggang pada suhu 180 derajat Celcius selama 20 menit hingga matang, keluarkan dari oven.
Image hosting by Photobucket
--Sy bikin 4 rasa; keju (keju cheddar diparut), coklat (pake DCC diparut), kismis dan
sosis
(dipotong kotak2 kecil , ditumis bentar dan dicampur sedikit saus tomat)
-- Ternyata jadinya banyak,... total 46 roti kecil.

Comments

Vania said…
Hi Henie...
Sy gak ahli roti, ini baru pertama kali bikin roti. Blm punya pengalaman di bidang 'perROTIan'.
Raginya sy pake merk saf-instant (cuma itu yg ada di spm). Belinya yg sachet, 1 sachet 11 gr... jadi u/ 1 resep pake 3 sachet plus dikit tambahan dari sachet ke 4. Nguleninya... menurut ukuran sy sih 'secukupnya' Kalo lama2 kan cape hi...hi.. cuma sy gak inget brp lama nguleninya. (by feeling ajah, yg penting nyampur dan kalis).
~~Lain kali ninggalin email address ya Hen, biar sy bisa bales ke japri.
Vania said…
This comment has been removed by a blog administrator.
an said…
Mbak Van, beberapa kali aku coba bikin roti sobek, terakhir hari pas weekend kemarin, air aku ganti pake susu cair, hasilnya lebih legit. Pagi ini adekku bawa buat sarapan, haaallllaaaah, malah temennya pesen seloyang isi keju...wakakkaks. Trims ya buat sharing resepnya.
Farah said…
ci Van, aduk-nya ng amusti pake mixer ya?