Baked Donut

Sambung cerita tentang hobby baking.

Sekalipun minggu ini kepikir untuk mengeksplore metode masak yang lain, steaming/ngukus. Pengen juga bikin aneka kue-kue kukus. Pengen share aneka resep kukus buat temen-temen yang kebetulan gak punya oven.

Sekitar 3 bulan yang lalu, saya akhirnya beli (online) donut pan. Cetakan untuk memanggang donat. Sebenarnya udah 1-2 tahun terakhir beberapa kali liat di supermarket, cuma baru beberapa bulan terakhir gak bisa nahan godaan untuk beli. Harganya gak mahal-mahal amat, bukan loyang sultan sih. Cuma memang sebelumnya mikir, apa bakal sering di pakai atau enggak. 

Sejak kehadirannya, entah udah berapa kali si donat pan masuk keluar oven. Lumayan aktif dikaryakan. Bikinnya lumayan cepat, jadi hasilnya dapat segera dinikmati. So far kita pun pada doyan...

Seperti saya pernah ceritain di IG saya, kalau baked donut dan frying donut hasilnya beda.

-----

Yang satu dipanggang dalam oven, satunya digoreng. Metode pembuatannya beda, bahannya beda, tentu hasilnya beda. Keduanya berbahan utama terigu (bisa diganti pakai aneka tepung pengganti). Donat goreng pake pake ragi sebagai pengembang dan perlu waktu fermentasi sebelum digoreng. Sedangkan baked donut, memilih pakai baking powder tanpa perlu fermentasi. Aduk-aduk, adonan masuk cetakan, ...panggang. Tekstur yang dihasilnya Baked Donut lebih cakey daripada Fried Donut. Sedikit banyak, mirip muffin deh. Dua-duanya enak. Silahkan dipilih sesuai visi masa depan. @vsamperuru.

-----

Jadi jangan berharap dapat tekstur donat goreng pada baked donut. 

Yang menarik, baked donut bisa dibikin aneka rasa, dikasi topping bahkan si donat berbentuk ring tersebut bisa diisi.

Ternyata... 

- Baked donut ini pembuatannya mirip sekali dengan pembuatan muffin. Intinya mencampur bahan kering dengan bahan basah, dengan pengadukan yang secukupnya saja. 

- Yang agak tricky mungkin adalah saat mengisi adonan ke loyang donat. Tapi tenang... selalu ada jalan. Daripada berceceran, pake aja piping bag. Jadi adonan keluarnya lebih terkontrol. 

- Usahakan mengisi di tiap lubang donat dengan jumlah yang sama banyaknya. Jadi saat donat matang, ukurannya mirip-mirip, bedanya gak jauh-jauh amat.

Dari beberapa jenis baked donut yang saya bikin, so far yang terfavorit adalah Baked Pumpkin Donut with Brown Butter Glazed. Wangi aneka spices berpadu dengan pumpkin dan gula aren (yang saya pake sebagai pengganti brown sugar).  

Besok-besok saya akan share resepnya ya. 

Good night!

*btw, rencana buat ngeblog hanya 1-3 paragraf perpostingan kayagnya kurang sukses deh. Rata-rata perpostnya jadi panjang ya. 

Comments