Banana Carrot Bundt

Cake favorite, penyelamat ketika pisang yang mulai memasuki masa 'terlalu matang untuk dimakan'. Membuatnya cepat, dengan bahan yang hampir selalu tersedia di dapur. 

Nah, kadang kita pengen baking tapi merasa tidak familiar dengan bahan tertentu, atau sulit menemukannya. Tenang, ada google. Cari aja substitusi bahan tersebut. 
Contohnya untuk *buttermilk. Sejak bertahun-tahun saya baking gak pernah beli bahan tersebut, tapi pakai bahan pengganti. Untuk membuat 1 cup buttermilk, biasanya saya siapkan measuring cup ukuran 1 cup dalam keadaan kosong. Masukkan 1 sdm cuka atau perasan jeruk lemon. Kemudian masukkan susu cair hingga memenuhi gelas takar tersebut. Setelah itu pindahkan ke dalam mangkuk kecil dan aduk rata, tak lama kemudian akan mengental dan siap digunakan.
Jadi untuk 3/4 cup, bisa hitung sendiri kan. Pakai 3/4 sdm cuka kemudian campur susu hingga mencapai 3/4 cup.

Untuk memastikan **cake matang atau belum.
Ketika timer udah berbunyi, tusuk bagian tengah cake dengan tusuk sate, cabut. Jika tusuk sate masih basah, artinya cake belum mateng, masukkan kembali ke dalam oven, tambahkan 2-3 menit. Jika tusuk sate ternyata kering dengan sedikit crumbs, silahkan keluarkan cake dari oven.
Satu cara lainnya, adalah dengan menyetuhkan jari ke bagian atas cake. Jika sedikit ditekan dan bentuknya kembali seperti semula, artinya cake sudah matang. Jika kemudian mencekung, artinya cake butuh waktu tambahan di dalam oven.

Happy Baking!

Banana Carrot Bundt.
Bahan :
2 cups tepung terigu serbaguna
2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 sdt vanili bubuk
2 sdt kayu manis bubuk
3 butir telur
1 1/4 cup gula aren organik
3/4 low fat buttermilk*
1/2 cup canola oil
2 cups wortel parut
1 cup mashed banana
1/3 cup kismis

Cara Membuat : 
1. Panaskan oven 180 C. Olesi loyang bundt (tulban) dengan mentega dan taburi tepung terigu. 

2. Campurkan terigu, baking soda, garam, vanili dan kayu manis bubuk dalam satu mangkok, sisihkan. 

3. Campurkan telur, gula, buttermilk, canola oil dalam mangkok besar, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mashed banana dan wortel parut. Aduk rata.

4. Masukkan campuran terigu ke dalam campuran tersebut, aduk rata dengan menggunakan spatula. Tambahkan kismis, campurkan hingga rata.

5. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan.

6. Panggang dalam oven selama 45-50 menit.**

7. Keluarkan dari dalam oven, biarkan 10 menit di atas rak kawat. Kemudian keluarkan dan biarkan hingga siap disajikan.


Resep diadaptasi dari :

Comments