Baking

Ceritanya minggu lalu, saya buka 'lahan' buat tanya-jawab di IG story saya. 

Simple aja,"Penasaran apa sih? Ask me question". Surprise banyak yang nanya, mulai dari urusan running sampai baking, styling dan photography plus nyerempet ke parenting.

Salah satunya memposisikan saya untuk memilih satu yang paling saya sukai,... di antara pilihan baking, cooking, running atau photography. Susah kan!

Sempet terdiam bentar, mikir... yang mana ya. Maka pilihan saya jatuh kepada BAKING (& styling). Sebenarnya gak ada pilihan styling sih. Tapi rasanya ini sepaket deh.

Akhirnya saya pikir-pikir, apa yang membuat saya suka dengan aktifitas baking ini? Saya gak pernah ikut baking course. Saya belajar sendiri, baca, learning by doing. 

Baking awal dulu (masih tinggal di US) saya cuma beli tepung premix. Betty Crocker atau Pillsburry. Tinggal campur tepung yang udah kumplit campurannya itu dengan bahan basah (butter/oil, eggs, milk) yang takarannya pun tercantum di box tepung premix. Hasilnya, sangat membanggakan dong, enak! Kalo di Indonesia sekarang ada lah merk Pondan, Haan, bahkan Dapur Coklat pun udah ngeluarin tepung premix buat sponge cake. 

Sejalan dengan waktu saya banyak belajar dari majalah & buku resep-nya Martha Stewart LIVING. Tentu saya makin pede deh ...haha... Sekarang udah 'bake from scratch' dong.

Nah kembali lagi, apa yang menarik dari baking ini. 

Baking itu mengubah bahan-bahan sederhana menjadi 'magical wonders'... bayangkan kalau sebelumnya di meja dapur ada bahan-bahan mentah seperti butter, susu, telur, terigu, essens kemudian kita mulai mencampur satu per satu ...mungkin itulah saat terakhir kita liat mereka dalam wujud seperti itu ...karena pada saat adonan keluar dari oven, wujudnya udah menjadi sesuatu yang totally berbeda. Jadi makanan yang lezat, aroma nya menggoda ...dan ujung-ujungnya membahagiakan yang menikmatinya. 

Seneng kan! Ajaib ya.

Nah satu lagi yang buat saya seneng baking adalah teknik baking itu sendiri. Tiap jenis baked good itu punya baking method yang unik. Nah mempelajari dan ngulik-ngulik hal-hal demikian, termasuk substitusi bahan itu menarik banget buat saya. Tiap bahan punya karakter berbeda-beda, tepung terigu, tepung jagung, tepung beras, tepung ketan ...sama-sama tepung tapi karakternya beda-beda. 

Yang terakhir ...hasil baking itu cenderung cakep buat di foto. Jadi saya gak pernah kehabisan bahan buat di foto. Karena saya regularly baking, saya mengenal dengan baik karakter baked goods, dan otomatis saya tau bagian mana yang perlu ditonjolkan depan camera. 

Jadi, baking itu selalu menarik. 

Trivia : 

1. Mama saya (78 tahun) jago baking! Sama juga, beliau learning by doing. Jadi dari kecil saya udah sering main terigu di lantai dapur.

2. Saya suka gak tahan liat loyang baking yang unik. Untungnya saya cukup bisa nahan diri, gak belanja loyang yang buat saya harganya ridiculous di dompet. hahahayy...

3. Oven yang saya pake sekarang usianya lebih tua dari anak pertama saya (20 tahun) dan mixer yang saya pake usianya lebih tua dari anak ke2 (17 tahun). Awet ya!

Yang suka baking, mari kita baking di dapur masing-masing. Baking itu hobby yang positif kog. Kita gak tau kedepannya mau jadi baker, mau jadi recipe developer atau mau punya bakery... semua bisa berangkat dari hobby ini.

Comments