Motret Masakan Sendiri (2)

Dari 7 postingan minggu lalu, tema Motret Masakan Sendiri keliatannya menjadi topik yang paling banyak di klik. Mungkin kebetulan yang mampir ke blog ini adalah teman-teman yang memang sering berkegiatan masak dan motret. Begitu asumsi saya. 

Jadi teringat salah satu pertanyaan menarik yang muncul di IG story saya beberapa waktu yang lalu.  Apakah saya selalu membuat sketsa sebelum motret? maksudnya apa perletakan props dan makanan saya bikinkan sketsa dulu sebelum motret. 

Tidak. Saya nyaris gak pernah bikin sketsa untuk pemotretan di rumah. Kenapa? karena props yang akan saya gunakan ada di sekitar saya. Biasanya saya punya gambaran di 'kepala', kemudian saya akan memilih props yang ada di rak di hadapan saya. Selanjutnya cukup di mix-and-match satu dengan lainnya, sekalian di tata depan kamera. 

Warna, tekstur dan ukuran props akan lebih mudah dianalisa kecocokannya dengan cara demikian ketimbang harus membuat sketsa dulu. Nah ini juga berlaku untuk pemotretan di tempat client. Biasanya saya udah milih props, saya tata, foto (dalam keadaan belum ada makanan, bahkan kadang saya letakkan gumpalan tissue sebagai bayangan bahwa itu adalah makanan), ... selanjutnya dari foto-foto layout tersebut saya kirim & kita bisa berdiskusi sebelum proses pemotretan berlangsung.  

Tapi ini pilihan ya, kalo temen-temen memang suka menggambarkan di kertas dulu ya gak apa-apa juga. 

Sedikit cerita dari motret menu lunch tadi siang, Chicken Teriyaki...

Buat menu yang memakai saus, salah satu cara agar tampilannya tetap fresh adalah menuangkan saus di saat perletakan props dan makanan yang perlu diberi saus udah fix. Sudah pas di depan camera. 

Jangan lupa aneka topping yang akan ditaburkan juga sudah disiapkan sekitar meja foto. Jadi tak lama setelah saus dituang, masakan bisa langsung di foto tanpa perlu terlalu banyak merubah lay out props yang sudah kita siapkan. 

Saus kalo sudah terlalu lama dituang biasanya bentuknya udah gak seindah ketika pertama kali dituang kan.

Ayo, jangan bosen motret masakan sendiri.

Happy Styling!

Comments