Cheddar Cornmeal Muffins

At least seminggu sekali perlulah sharing resep di blog, biar tetap berpredikat sebagai food blogger. hahaaay...

Buat teman-teman yang cukup sering main ke blog ini pasti tau, ada aneka resep muffin di sini. Sebagian besar muffin tersebut masuk kategori sweet muffin. Ternyata savoury muffin gak kalah menariknya. Cheddar Cornmeal Muffins ini lumayan digemari di rumah.

Bikinnya masih sama dengan kodrat pembuatan muffin, tanpa mixer dan hanya perlu pengadukan secukupnya. Bahan kering dikumpulkan di satu bowl, dicampur rata. Demikian juga dengan bahan basah (butter, eggs, milk), diaduk rata. 

Begitu mereka disatukan, diaduk secukupnya saja. 

Apa yang terjadi jika mereka aduk dengan 'amat-sangat'?

Proses pengadukan yang berlebihan akan menekan gelembung udara pada adonan, dan akibatnya tekstur muffin akan menjadi padat, gak fluffly lagi. Jadi cobalah untuk mengaduk secukupnya saja ya. 

Cheddar Cornmeal Muffin ini menggunakan 2 jenis tepung; tepung terigu dan tepung jagung (yang warnanya kekuningan). Bukan tepung maizena ya.

Tepung jagung beda dengan tepung maizena. Tepung jagung totally terbuat dari jagung yg dihaluskan. Warnanya kekuningan. Sedang tepung maizena terbuat dari pati jagung yang diproses hingga sangat halus, warnanya pun putih bukan kuning.

Saya udah sempet bikin sekali untuk sarapan, sekali lagi buat dinner. Ditambahain dengan smoke beef yang udah ditumis bentar, jadi makin kaya rasa. Enak banget sarapan dengan muffin hangat dan segelas minuman hangat.

Dinner muffin, cukup? ya enggak lah. Cornmeal Muffins cocok banget disajikan dengan Chili Con Carne. Anggaplah muffin itu sebagai carbonya. 

Source : Muffin Mania by Cathy Prange & Joan Pauli

Happy Baking! 

Comments