Running during Pandemi

May 2019, saya mulai menjadikan running sebagai olah raga rutin. 

Sebelumnya saya rutin jalan cepat (brisk walk) selama sekitar 2 tahun (tiap jalan 5-6km selama 1 jam) dan renang rutin sejak bertahun-tahun. 

Dulu gak pernah pede buat lari, karena kebayang 500 meter aja kayagnya udah bakal ngos-ngosan abis napas. Berbekal pengetahuan seadanya, baca sana sini, saya memutuskan mengganti ritme jalan cepat menjadi lari. 

Surprisingly, lari pertama kali saya bisa melakukannya 8K, non stop! Ya itu berbekal ilmu hasil baca-baca dan ngobrol-ngobrol. Pacenya memang slow banget, kalo gak salah pace* 10/km deh. Yang saya lakukan ya atur nafas dengan baik, jaga heart rate dan biarin kaki berlari dengan nyaman. 

5 bulan kemudian saya ikut ITB ultra marathon, lari 11.7K dengan pace 7.29/km. Body itu beradaptasi dengan baik, kalo kita merawat dan latihan rutin. 

Selama itu, saya rutin 2x seminggu lari di Kebon Binatang Ragunan. Hingga bulan February masih rajin ke Ragunan, kemudian datanglah pandemi Covid-19. Kebonbin Ragunan ditutup cukup lama. 

Apa berarti saya harus berenti lari? ...tentu tidak. 

Lari adalah olah raga yang cukup simple, friendly. Maka saya pindah, lari di kompleks aja. Untuk membuat lari lebih berwarna, saya daftar Virtual Run... PocariSweat Virtual 10K Run dan Mengejar Matahari 100K. 

Virtual Run bukan berarti larinya cuma dibayangkan ya, he..he..he.. Tapi kita tetep lari tapi di record di apps tertentu. Misalnya pake strava yang dikonek ke panitia. Running di saat yang ditentukan. Beberapa hari kemudian, finisher akan dikirimin medali-nya. 

8 bulan pandemi, entah berapa ratus km udah saya berlari. Keluar rumah 2 hari sekali buat running, liat tanaman hijau, liat langit yang kadang biru kadang mendung kelabu, papasan dengan tukang sapu kompleks, beberapa runners, beberapa pesepedah, sapa menyapa dengan beberapa pejalan pagi ...membuat saya gak pernah merasa terkungkung karena kondisi diRumahAja. Setiap langkah berlari itu rasanya penuh syukur.

Badan berasa tetap fit, stamina oke buat segala macam pekerjaan di rumah, pikiran tetap positif.

Saya bukan pelari professional, bukan atlet, ...running adalah hobby aja, yang memberi manfaat besar buat badan saya, physically & mentally.

Apapun pekerjaan/profesi kamu, mau ibu rumah tangga, stylist, photographer, baker ...semua aktifitas itu butuh endurance, ...stamina yang baik. Butuh badan yang fit, imun tubuh yang kuat. Semua butuh usaha, selain jaga asupan nutrisi ... olah raga deh. Pilih olah raga yang sesuai dengan kondisi masing-masing aja. 

Selamat Hari Kamis.

*pace : hitungan waktu yang diperlukan untuk jarak 1 km. Misal average pace saya 7.30/km artinya saya perlu waktu rata-rata 7menit 30 detik untuk menempuh jarak 1 km.

Comments